Skutik Skydrive Bintang Stan Suzuki di IIMS
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 30 Juli 2009 16:13 WIB
Skydrive

TEMPO Interaktif, Jakarta - Skuter matik bermesin 125 cc keluaran Suzuki yang dihadirkan pada Indonesia International Motor Show 2009, hingga hari keenam penyelenggaraan pameran itu mencatatkan penjulan terbanyak. Dari 77 unit yang terjual hingga Kamis (30/7) siang, 49 di antaranya adalah skuter matik yang diluncurkan 30 Maret lalu itu.

"Memang sejak dari awal, yaitu waktu kami ikut pameran di Pekan Raya Jakarta Juni lalu, penjualan skutik ini paling banyak. Di luar pameran pun penjualan terbanyak juga Skydrive," ungkap Edi Darmawan, Kepala Divisi Dealer, Pemasaran dan Penjualan Roda Dua, PT Suzuki Indomobil Sales kepada Tempo di Jakarta, Kamis (30/7). 

Menurut Edi, ketertarikan para pengunjung atau calon konsumen pada varian terbaru di segmen skutik keluaran Suzuki itu bukan semata-mata karena pihaknya menggelar sejumlah program hadiah dan kemudahan semata. "Tetapi, performa mesin yang andal dan telah mereka buktikan saat tes ride maupun tampilan yang menarik menjadi pertimbangan mereka," jelas Edi.

Seperti diketahui, dalam ajang IIMS ini, Suzuki juga memberikan kesempatan kepada pengunjung di stannya untuk melakukan tes mengemudi. Tes tersebut digelar guna membuktikan kualitas mesin yang ditawarkan.

Salah seorang peserta tes ride, Dodi dari Rawasari, mengaku tertarik dengan Skutik yang dibanderol Rp 13,5 juta itu karena informasi dari teman-temannya. "Makanya sekarang menguji seberapa hebat mesin skutik ini. Kalau tampilan oke juga," ujar Dodi.

Bila diamati, tampilan skutik ini lebih futuristik ketimbang generasi sebelumnya. Tampilan dan desainnya lebih macho dengan lekukan tajam. Speedometer lebih sporty, lampu depan yang lebih besar mengesankan futuristik. Selain itu, jok tempat duduk dibuat lebih proporsional dengan bodi, sehingga posisi duduk pengendara bias stabil.

Sementara dari sisi mesin, dengan isi silinder 125 cc, motor ini mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 6.9 kW pada 7.500 rpm serta torsi maksimal mencapai 9.6 Nm pada putaran 6.500 rpm. 

"Kalau konsumsi bahan bakar, dari uji yang telah dilakukan Suzuki, motor ini per liternya mampu menempuh jarak 50 kilometer," aku Edi Darmawan. 

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi