Ban Bukan Sekedar Ban
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 30 Juli 2009 22:43 WIB
Shinya Hisada, Marketing Director PT. Bridgestone Tire Indonesia (BSIN) bersama Shigeru Niho, President Director PT BSIN. (Dok. Bridgestone)
TEMPO Interaktif, Jakarta - Jangan anggap remeh ban kendaraan Anda. Ban bukan sekedar tempat menggelindingnya kendaraan Anad selama di jalan. Namun salah satu faktor penting keselamatan berkendara.

Itulah yang dilakukan PT. Bridgestone Tire Indonesia (BSIN) pada Kampanye Keselamatan Ban (Tire Safety) yang dilakukan di Rest Area KM 57 Tol Jakarta Cikampek, 27 Juni - 5 Juli lalu. Tercatat 1.752 kendaraan roda empat mengunjugi Bridgestone Tire Station (BTS) selama sembilan hari penyelenggaraan. Kampanye ini akan diteruskan di seluruh Bridgestone Authorized Toko Model (TOMO), 1-31 Juli mendatang.

Selama kegiatan didapatkan informasi masih banyak pengguna kendaraan yang tidak memperhatikan kondisi ban sebagai sebuah faktor keselamatan berkendara. Diantaraya didapati kurangnya tekanan angin/ban (lebih dari 60 persen pengunjung) dan rendahnya pengertian tentang fungsi ban (lebih dari 70 persen pengunjung).

"Kami berharap apa yang kami lakukan ini dapat merubah perilaku pengendara terhadap pentingnya perawatan pada ban," kata Shinya Hisada, Marketing Director PT Bridgestone Tire Indonesia.

Tire Safety ini menekankan pada langkah-langkah sederhana yang dapat dilakukan para pengendara roda empat untuk memastikan bahwa ban kendaraan mereka berada dalam keadaan layak pakai.

Tekanan angin/udara yang tidak sesuai pada ban dapat menyebabkan beragam masalah seperti kepincangan dan keausan ban, hingga kerusakan struktur ban. Ban yang kurang angin/udara juga dapat mempengaruhi kinerja ban, termasuk boros bahan bakar.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi