Pembalap F1 Sambut Hangat Kembalinya Schumacher
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 31 Juli 2009 08:09 WIB
TEMPO Interaktif, London - Kembalinya pembalap legendaris Michael Schumacher ke Formula Satu disambut dengan gembira oleh para pembalap dan para suporter balapan jet darat itu di seluruh dunia. Juara dunia F1 tujuh kali itu pensiun setelah tampil di Grand Prix Brasil 2006 dan mengendarai kendaraan F1 terakhir pada 2008. Tapi, ia kemudian ikut balapan motor sampai kecelakaan pada  Februari lalu.

Ofisial F1 menegaskan bahwa Schumacher belum bisa mengendarai kendaraan spesifikasi F1 sampai sesi latihan 21 Agutus mendatang untuk GP Eropa di Valencia, Spanyol, 23 Agustus mendatang. Tapi, pembalap Jerman itu diyakini sudah bicara dengan tim Ferrari, tim tempat ia bakal menggantikan posisi pembalap Brasil, Felipe Massa,  bahwa hal itu tidak akan menjadi masalah. 

Juara dunia bertahan dari tim McLaren, Lewis Hamilton, yang mengawali kariernya di F1 setelah Schumacher mundur, mengatakan  Kamis (30/7) kegembiraaannya terhadap seniornya itu. "Saya santat nenang dengan kemungkinan Michael kembali (ke kompetisi F1). Tapi, saya masih memikirka Felipe (Massa)ndan keluarganya setelah insiden yang menyedihkan di Hungaria," kata pembalap dari Inggris itu. 

Dalam kualikasi GP Hungaria, Sabtu pekan lalu, sebuah per seberat satu kilogram yang lepas dari kendaraan pembalap Brasil lainnya, Rubens Barrichello, menghantam helm yang dikenakan Massa. Akibatnya, mata kiri dan kepala peringkat kedua kejuaraan dunia musim lalu itu retak.  

Sedangkan pemimpin klasemen kejuaraan dunia pembalap musim ini, Jenson Button, melukiskan kembalinya Schumacher sebagai sangat berani. "Itu akan bagus buat F1 yang memiliki Michael yang akan membalap lagi," kata pembalap tim Brawn asal Inggris itu. "Ada beberapa orang yang sangat hebat di luar balapan pada saat ini. Tapi, punya Michael di sana lagi (dalam balapan) akan menjadi sangat spesial. Meski, saya yakin kami semua juga berharap yang terbaik buat Felipe," Button melanjutkan.

Massa sudah berangsur pulih sehingga diijinkan keluar dari rumah sakit di Hungaria, tapi diprediksi harus istirahat sampai musim kompetisi F1 tahun ini yang menyisakan tujuh balapan berakhir. Balapan F1 memang sangat mengedepankan teknologi. Tapi, Schumacher yang kini berusia 40 tahun terkenal dengan kehebatan dan keberaniannya sebagai pembalap yang mengatasi kecanggihan perangkat kendaraannya. INDEPENDENT | REUTERS | PRASETYO  

#F1
#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi