Berebut Foto dengan Kembaran Motor Valentino Rossi
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 31 Juli 2009 21:14 WIB
Tempo/Zulkarnain
TEMPO Interaktif, Jakarta - Sekelompok anak muda, terlihat terburu-buru saat memasuki pintu satu Pusat Niaga , Jakarta International Expo, Kemayoran, tempat pameran akbar otomotif di tanah air In donesia International Motor Show (IIMS) digelar. Penasaran dengan tingkah polah mereka yang aneh, Tempo mencoba untuk menguntitnya.

Setelah berhenti di depan stan Yamaha, penasaran pun terjawab. Walah, walah,…. keempatnya saling berebut untuk duluan berpose disamping sebuah sepeda motor sport Yamaha yang diparkir di persis di depan pintu samping stan Yamaha. Setelah berembuk sebentar, Niko salah sorang diantara rombongan itu segera beraksi.

Berdiri dengan berkacak pinggang disamping foto baner juara MotoGP 2008, Valentino Rossi, mahasiswa sebuah perguruan tinggi di kawasan Jakarta Barat ini minta segera dipotret salah satu teman mereka. Dengan kamera saku, aksi Niko diabadikan. Jepret, jepret,…..Niko pun tersenyum lebar tanda puas.

“Yah…tak ada rotan, akar pun jadi. Yang penting aku sudah potret dengan motor Valentino Rossi. Dia idola gue,…bangga dan puas pokoknya,” aku Niko, saat ditanya alasannya tertarik untuk berfoto ria di samping sepeda motor Yamaha YZR-M1 yang bermesin 800 cc itu, di Kemayoran, Jumat (31/07).

Tak hanya Niko yang ingin dipotret di samping motor tunggangan pembalap yang bernaung dibawah Tim Fiat-Yamaha itu. Defan, Ricky, dan Bastian, teman Niko ternyata juga berhasrat sama. “Motor tipe ini yang dipakai Rossi, jadi gue juga mesti mengabadikannya,” timpal Defan.

Ternyata, bukan hanya ke-empat sekawan itu, yang ingin berfoto di samping Yamaha YZR-M1. Fransiska bersama sang pacar, Andreas juga tak ingin ketinggalan mengabadikan diri bersama motor tersebut. “Apalagi ini ada foto Rossi-nya, aku fans berat dia,” ujar gadis manis berambut sebahu itu.

Sementara itu, menurut salah seorang petugas penjaga stan Yamaha, pihaknya sengaja memajang kembaran sepeda motor yang menjadi tunggangan Valentino Rossi di berbagai ajang MotoGP itu, untuk memperkuat citra merek Yamaha. “Targetnya bukan untuk jualan, toh ini juga motor sport. Dan ternyata, respon pengunjung bagus, tiap kali mampir ke stan kami, mereka pasti foto di samping motor itu,” tandas sang penjaga.

Masih menurut penjaga itu, bukan hanya anak-anak muda saja yang berhasrat berfoto dengan motor bertenaga 200 tenaga kuda itu. “Orang tua, bapak-bapak bahkan ibu-ibu, atau anak-anak yang ikut orang tuanya kesini, pasti ingin berfoto di motor itu,” jelas dia.

Awalnya, banyak diantara pengunjung itu, tidak ngeh kalau motor yang ada di depan mereka itu adalah tunggangan sang juara idola mereka. Namun, setelah melihat baner foto Valentino Rossi yang ada disamping motor dan dijelaskan bahwa itu kembaran motor yang dipakai sang juara, mereka baru berebut foto. “Meski tahu itu bukan motor yang digunakan Rossi, tetapi kembarannya mereka juga tidak keberatan,” tambah si penjaga stan.

Tak salah. Buktinya, Niko dan ketiga kawannya maupun Fransiska juga tak keberatan. Malah, dengan berseloroh mereka berujar, “Nggak apa-apa yang penting, motor kelas ini yang dipakai Rossi, mereknya sama, mesinnya sama, dan timnya juga sama. Tak ada rotan akar pun jadi. Puas,….puas,….,” seru Niko.

Tetapi satu hal yang membuat Niko serta pengunjung lain yang ingin berfoto dengan motor ini adalah, mereka tak bisa menyentuhnya. Pasalnya, pemilik stan membuat pagar rantai yang mengelilingi motor tersebut. Maklum, motor sang juara.

Rossi dan rekan satu Tim-nya di Fiat Yamaha, menjajal Yamaha YZR-M1 2009 ini, di Sirkuit Sepang, Malaysia pada Februari lalu.

Spesifikasi Yamaha YZR-M1 2009

Mesin : Segaris atau in line, dengan empat silender 800 cc 4-Tak, berpendingin cair, kru as (crankshaft) Crossplane.

Tenaga : 200 daya kuda atau 147 KW lebih.

Kecepatan : 320 kilometer per jam lebih

Transmisi : enam speed dengan gearbox model kaset, dengan keunggulan gear bisa diatur.

Sasis : Terbuat dari alumunium twin tube delta box. Sementara itu, geometri setang, jarak sumbu roda, dan posisi pembalap bisa disetel untuk posisi lebih tinggi atau rendah. Swingram atau lengan ayun juga terbuat dari alumunium.

Suspensi : Suspensi Ohlins, upside down pada bagian depan dan monoshock di bagian belakang bisa disetel sesuai berat pembalap, tinggi-rendah kompresi mesin maupun efek rebound yang diinginkan.

Velg : depan dan belakang Marchesini 16,5 inchi, dengan ban baik depan maupun belakang berukuran 16,5 inci.

Rem : Brembo, cakram karbon ganda 320 mm dengan empat kaliper piston di bagian depan. Sementara pada bagian belakang dilengkapi cakram tunggal baja berukuran 220 milimeter dengan dua kaliper piston. Berat keseluruhan : 148 kilogram.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi