Masa Depan Formula Satu Aman
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 2 Agustus 2009 08:13 WIB
TEMPO Interaktif ,  Paris:Masa depan Formula Satu akan aman setelah Federasi Otomotif Internasional (FIA) dan 12 tim menandatangani perjanjian Concorde untuk melindungi olahraga jet darat hingga 2011.

 

Perjanjian ini mengakhiri ancaman yang sempat dilancarkan 12 tim yang tergabung dalam FOTA. Setelah bernegosiasi selama sepekan kedua pihak mencapai jalan damai.

Perjanjian Concorde, yang berisi bagaimana F1 dijalankan dan bagaimana pendistribusian pendapatan ditandatangani Jumat (31/7). “Terkait persetujuan FIA, Presiden FIA Max Mosley menandatangani perjanjian Concorde, yang menyatakan pembaharuan stabilitas periode penyelenggaraan kejuaraan Formula Stu,” tulis pernyataan resmi FIA, Minggu (2/8).

Dalam pernyataannya, FIA menyatakan ke-12 tim mengembalikan soal pengeluaran setiap tim para regulasi di awal 1990-an. FIA menambahkan, dalam dokumen tersebut bahwa itu dibuat untuk menstabilkan olahraga F1 dan regulasi teknis yang akan dilakukan pada 2010.

BMW Sauber, yang sebelumnya memutuskan mundur dari sisa kalender musim F1, hanyalah satu-satunya tim yang tidak menandatangani perjanjian. Musim depan, tim anyar US F1, Campos Meta, dan Manor Grand Prix adalah ketiga tim yang termasuk menandatangani perjanjian Concorde.

Masa depan F1 sempat dikhawatirkan dalam risiko terkait penolakan FOTA terkait pengeluaran setiap tim. Pertikaian antara FIA dan FOTA semakin memanas setelah pertemuan di Paris pada 8 Juli di mana tim-tim mengancam tidak akan ambil bagian pada musim depan.

REUTERS | BAGUS WIJANARKO

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi