Transaksi IIMS Lampaui Target, Industri Otomotif Bakal Bangkit  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 2 Agustus 2009 20:21 WIB
Tempo/Arnold Simanjuntak

TEMPO Interaktif, Jakarta - Target penjualan yang dipatok selama gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) sebesar Rp 1,7 triliun telah tercapai. Bahkan, hingga pukul 16.00 WIB, nilai transaksi selama 24 Juli – 2 Agustus telah mencapai Rp 1,731 triliun atau melampaui target yang telah ditetapkan.

“Capaian transaksi ini, merupakan prestasi tersendiri, mengingat kondisi perekonomian yang masih lesu akibat pengaruh krisis global. Dan dengan capaian itu pula, kami semakin optimistis bahwa industri otomotif akan bangkit,” papar Johny Darmawan, Ketua Panitia Penyelenggara IIMS 2009, dalam sambutan penutupan pameran otomotif tersebut, di Jakarta International Expo, Kemayoran, Minggu (2/8) malam.

Johny mengatakan penyelenggaraan pameran otomotif berskala internasional yang ke-17 ini tak lepas dari beberapa kendala. Di antaranya, keengganan dari kalangan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) untuk mengikuti hajatan tersebut. “Kami menyadari teman-teman di kalangan ATPM juga menghadapi persoalan berkaitan dengan pengaruh krisis global tersebut,” tandas Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor tersebut.

Kendala kedua adalah keengganan karena faktor tempat penyelenggaraan yang dinilai lebih jauh ketimbang penyelenggaraan sebelumnya. Sebelumnya, atau IIMS yang ke-16 pada 2008 lalu, tempat penyelenggaraan di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta.

Sementara itu, dari jumlah pengunjung, hingga pukul 16.00 WIB, jumlah pengunjung baru mencapai 237.687 orang dari target 250 ribu orang. “Yang terang tingkat kunjungan cukup baik,” aku Johny.

Sekadar perbandingan, pada penyelenggaraan tahun lalu, target pengunjung sebesar 200 ribu orang. Sementara jumlah pengunjung yang mendatangi hajatan tersebut mencapai 203 ribu orang.

ARIF ARIANTO 

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi