Bridgestone Targetkan B250 Terjual 150 Ribu per Bulan
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 7 Agustus 2009 15:01 WIB
Bridgestone

TEMPO Interaktif, Jakarta - Di tengah kelesuan pasar ban akibat krisis ekonomi, PT Bridgestone Indonesia mengandalkan penjualan varian terbaru mereka, B250. Sampai akhir tahun ini, varian terbaru yang diluncurkan Maret lalu itu ditargetkan terjual 150 ribu unit per bulan.

“Kami juga realistis menyikapi kondisi pasar. Kalau dibanding tahun lalu atau year on year pasar ban di lokal turun 30 persen. Sementara di pasar ekspor dibanding tahun sebelumnya penurunan mencapai 20 persen. Oleh karena itu, target produk baru ini sampai 150 ribu unit per bulan saja,” tutur John Arsjad, Direktur Pemasaran PT Bridgestone Indonesia, kepada Tempo di Jakarta, Jumat (7/8).

John menyebutkan sejak diluncurkan Maret lalu hingga Juni varian terbaru Bridgestone ini sudah terjual 300 ribu unit. “Dengan melihat penjualan sejak diluncurkan itu, kami optimis target sampai akhir tahun tercapai. Terlebih ada keunggulan komparatif ban ini yang tidak dimiliki oleh produksi pabrikan lain yaitu eco product,” ujar John.

Menurut John, pengertian eco product sudah dibuktikan melalui serangkaian tes di berbagai track. “Dari pengujian tersebut diketahui tingkat rolling ressistance dibanding dengan merek pesaing terdekat. Ban ini memiliki kelebihan mampu berhenti tanpa pengereman 10,3 persen lebih baik,” ujar John.

Dengan tingkat rolling ressistance yang lebih besar maka efisiensi bahan bakar akan lebih besar. Maksudnya? "Dengan ban yang secara desain benar, yaitu tapak ban yang sesuai dengan kondisi jalan, tingkat rolling resistance yang tinggi, maka laju kendaraan juga enteng tidak berat, sehingga konsumsi bahan bakar efsien. Sehingga emisi gas buang juga kecil," terang dia.

Bahkan, menurut John, tingkat penghematan yang ditimbulkan tingginya rolling resistance tersebut bila dikonversi ke rupiah mencapai Rp 5,6 juta selama pemakaian ban. "Itu baru angka untuk penghematan konsumsi bahan bakar saja," terang John.

Varian B250 merupakan ban pengganti atau penyenderhanaan dari Bridgestone Techno 337, Techno 248, serta Turbo 337. Ban B250 yang merupakan ban yang didesain untuk pasar global tersebut, diproduksi untuk pelek ukuran 12 hingga 15 inchi.

Ihwal harga, John menyebut, bervariasi tergantung tipe dan ukuran. Kisaran yang dipatok oleh PT Bridgestone Indonesia Rp 400 - Rp 800 ribu per unit.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi