Mitsubishi Kuasai 61 Persen Pasar Truk Indonesia
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 12 Agustus 2009 07:58 WIB
TEMPO Interaktif , Jakarta:PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mengaku, penjualan truk Mitsubishi yang dipasarkan di Indonesia sejak 1970 selalu memimpin pasar. Bahkan, sepanjang semester pertama 2009 ini, penguasaan pasar truk berlambang tiga berlian dengan posisi satu tegak dan dua melintang tersebut menapai 61 persen.

"Perolehan market share sebesar 61 persen pada segmen light truck berhasil diraih Krama Yuda Tiga Berlian di semester pertama 2009, membuat kami optimis untuk tetap memimpin pasar kendaraan niaga di Indonesia, tentunya dengan berbagai keunggulan yang ada pada kendaraan niaga Mitsubishi," papar Fumio Kuwayama, Presiden Direktur PT KTB, di Jakarta Convention Center, Selasa (11/08) malam.

Kuwayama juga menambahkan, gemilangnya penjualan juga tak lepas dari dukungan layanan purna jual yang saat ini sudah tersebar di seluruh tanah air. Dia menyebut, saat ini tak kurang dari 156 gerai penjualan atau dealer, 100 bengkel resmi, serta 3.750 gerai penjualan suku cadang. Selain itu, citra merek (brand image) Mitsubishi juga telah begitu kuat berada di benak konsumen Indonesia. "Keunggulan kendaraan niaga Mitsubishi memberikan keuntungan bagi penggunaannya yaitu kualitas fungsi dasar truk yang terbukti handal, brand image yang kuat, serta kenyamanan dan purna jual yang kompetitif," tandasnya.

Lebih dari itu, varian truk produksi Mitsubishi juga terus berkembang sesuai dengan kebutuhan dan permintaan pasar di Indonesia. Kendaraan niaga Mitsubishi terdiri dari dua tipe dasar, yaitu Colt Diesel untuk light truck dan Fuso untuk medium truck. Saat ini, truk Colt Diesel telah memiliki 11 varian, yaitu FE71, FE71BC, FE71BUS, FE73HD, FE74, FE74HD, FE75, FE83 BC, FE84, FE84G, serta FE84G BC.

Sementara Fuso telah memiliki lima varian, yaitu FM517HS, FM517HL, FN517ML2, FN527MS, FN527ML. "Pengembangan varian ini memiliki fungsi yang melengkapi setiap kebutuhan bisnis di Indonesia mulai dari distribusi, perkebunan, perhutanan hingga pertambangan dengan keunggulan dan ketangguhan kendaraan yang sudah teruji," sebut Kuwayama.

Ia juga mengakui, keberhasilan penjualan ini juga tak lepas dari peran dealer dan konsumen. Lantaran itulah, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Agen Tunggal Pemegang Merek Mitsubishi di Indonesia dan Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC) sepanjang Juli hingga Agustus 2009 ini menggelar 77 acara dalam rangka Truck Campaign 2009.

"Keberhasilan truk Mitsubishi selama 39 tahun dalam mendukung bisnis transportasi di Indonesia, tidak lepas dari kepercayaan konsumen. Karena itu, sebagai salah satu bentuk apresiasi, kegiatan ini (truck campaign) diadakan setiap tahun," papar Kuwayama.

Kampanye yang bertema 'Pasti Usahanya, Pasti Mitsubishi' itu, pertama kali diadakan pada 1981 digelar diseluruh tanah air dengan melibatkan dealer dan konsumen.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi