Sebulan Jelang Lebaran, Permintaan Mobil Bekas Meningkat
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 20 Agustus 2009 14:56 WIB
TEMPO/Arie basuki
TEMPO Interaktif, Jakarta - Sebulan menjelang lebaran permintaan mobil bekas atau mobil seken mulai meningkat. Seiring menanjaknya permintaan itu, harga pun ikut terkerek. Meski bervariasi, peningkatan harga rata-rata mencapai 10-30 persen.

"Soal harga itu relatif ya. Selain faktor kemulusan bodi, mesin, dan jenis mobil, warna juga ikut mempengaruhi harga karena warna itu menjadi favorit  konsumen," tutur Tedy Setiawan, seorang pedagang mobil bekas di bursa mobil bekas di kawasan Mal Citraland, Jakarta Barat, kepada Tempo, Kamis (20/8).

Sedangkan besarnya peningkatan permintaan, aku Tedy, saat ini belum terlalu signifikan meski sudah mulai bisa dirasakan. "Kalau hari-hari biasa tiga sampai lima. Mulai seminggu ini bisa enam sampai lima unit,"  tandas dia.

Hal serupa juga diungkapkan Winarno, pemilik show room mobil bekas 'Maju Terus Motor' yang terletak di Margahayu, Bekasi Timur. Menurut dia, jika sebelumnya ia harus menunggu tiga hari untuk menjual sebuah mobil bekas, saat ini cukup sehari. "Peningkatan yang paling jelas terlihat dari jangka waktu mobil di show room. Sekarang seperti fast moving. Ya kalau diprosentase dari sisi jumlah, rata-rata antara 20 - 30 persen peningkatan permintaan itu," papar Winarno saat dihubungi Tempo, Kamis (20/8).

Ihwal besaran kenaikan harga, baik Tedy maupun Winarno menyebut sekitar 10 - 30 persen. Meski demikian, harga tersebut berpotensi terus merangkak naik seiring dengan semakin dekatnya hari raya Idul Fitri. "Karena dua pekan sebelum lebaran, biasanya puncak permintaan terjadi. Itu pengalaman tahun lalu," terang Winarno.

Besarnya potensi pasar mobil bekas, terutama menjelang lebaran ini juga menarik minat pengelola Bursa Mobil WTC (BMW) Manggadua, Jakarta Pusat. Terbukti, Kamis (20/08) siang ini, pengelola BMW membuka gerai baru di lantai tujuh pusat perbelanjaan WTC.

"Potensi pasar mobil seken ini memang sangat besarr, sehingga tidak heran bila minat pedagang untuk membeli kios di WTC ini juga begitu besar," tandas Herianto Kosasih, Senior Marketing Manager WTC Mangga Dua,.

Lantaran itulah, aku Herianto, pihaknya kini memperluas area bursa mobil bekas tersebut di lantai tujuh pusat perbelanjaan itu. Bila sebelumnya area bursa mobil bekas hanya di lantai tiga, tiga A, delapan dan sembilan, kini juga beroperasi di lantai tujuh. "Dan sudah 90 persen terjual. Dengan total tambahan area di lantai tujuh ini, maka mobil yang dipamerkan bisa mencapai 2.000 unit," terang Herianto.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi