Permintaan Motor Honda Melonjak 80 Persen Jelang Lebaran  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 24 Agustus 2009 13:03 WIB
TEMPO/Imam Sukamto
TEMPO Interaktif, Jakarta - Sebulan menjelang lebaran, permintaan sepeda motor Honda melonjak hingga 80 persen dibanding penjualan bulan sebelumnya. Tipe skutik dan bebek mendominasi permintaan.

“Permintaan pada lebaran kali ini, seperti pada tahun-tahun sebelumnya cukup fantastis. Namun pada lebaran kali ini, hingga pertengahan Agustus peningkatan mencapai 80 persen,” tutur Edi Setiawan, General Manager Marketing PT Wahana Makmur Sejati, dealer utama sepeda motor merek Honda, kepada Tempo di Jakarta, Senin (24/8).

Sebelumnya, menurut sumber Tempo di Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), pada Juli lalu penjualan sepeda motor Honda mencapai 241.028 unit. Penjualan terbesar atau sekitar 75 persen hingga 80 persen disumbang oleh penjualan varian matik dan bebek.

Edi menambahkan sejak Juni hingga September mendatang pihaknya dengan beberapa lembaga pembiayaan seperti Wahana Oto Mitra (WOM), Federal Internasional Finance (FIF), Adira dan beberapa lembaga lainnya menggelar program promo bagi calon pembeli sepeda motor Honda. Di antara program itu adalah tingkat suku bunga ringan, uang muka rendah, tenor atau jangka waktu kredit yang fleksibel.

“Namun, semua ini tergantung lembaga pembiayaan yang bersangkutan. Tetapi yang pasti suku bunga bersifat flat, dp minimal Rp 500 ribu, serta tenor tiga tahun atau lebih,” tandas Edi.

Namun dari beberapa program tersebut, sebut Edi, yang paling utama dan penting adalah layanan purna jual yang diberikan oleh Honda. Selain penyiagaan bengkel di semua kota di Indonesia juga penyediaan suku cadang.

“Kami menyiagakan bengkel dan toko suku cadang ini masih dalam rangkaian safari Ramadan,” terang Edi.

Ihwal Safari Ramadan tersebut, Edi mengaku pihaknya juga menggelar program mudik bareng mekanik, salesman, dan tukang ojek di seluruh Jabodetabek. Khusus tukang ojek, Wahana Mitra Sejati menyediakan armada 10 bus.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi