Pertamina Tambah Alokasi Pelumas untuk Lebaran
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 26 Agustus 2009 12:48 WIB
Depot Pengisian Bahan Bakar Pertamina , Plumpang, Jakarta
TEMPO Interaktif, Jakarta:Menghadapi melonjaknya permintaan pelumas baik untuk kendaraan roda empat maupun dua PT Pertamina Pelumas menambah alokasi penjualan sebesar lima juta liter.

Pertamina Sebelumnya, penjualan pelumas Pertamina rata-rata per bulannya mencapai 35 juta liter. “Untuk lebaran kali ini kami tidak mematok target penjualan, karena target ditetapkan pada awal tahun penjualan dan dihitung penjualan per bulan. Namun mengantisipasi banyaknya permintaan pada bulan ramadan dan lebaran kami siapkan 40 ribu kilo liter atau empat juta liter pelumas. Ini meningkat lima juta liter dibanding bulan-bulan sebelumnya,” ungkap Redesmon Munir, Head of Brand & Communication Unit Pelumas Pertamina kepada Tempo di Jakarta, Rabu (26/8).

Menurut Redesmon, jumlah alokasi tersebut juga mencakup pelumas untuk sepeda motor matik. Dia mengatakan alokasi pelumas untuk sepeda motor matik juga ditingkatkan mengingat jumlah pengguna sepeda motor jenis ini juga meningkat.

“Lebaran tahun ini diperkirakan 1,7 juta pemudik menggunakan sepeda motor. Seperti diketahui jumlah polpulasi sepeda motor matik terus meningkat. Oleh karena itu bila sebelumnya penjualan oli matik mencapai 25 ribu dus bulan ini ini kita siapkan 30 ribu dus,” terangnya.

Untuk menyiapkan ketersediaan oli ini Pertamina telah mendistribusikan ke depo pelumas Pertamina yang ada di Jawa, Sumatera, dan Bali serta sebagian Sulawesi.

Sementara itu, sebelumnya depot oli Sinar Utama Jaya di kawasan Cileduk, Tangerang yang juga salah satu penyalur oli produksi Pertamina mengaku permintaan oli hingga saat ini belum ada lonjakan. “Jumlah pengganti masih normal seperti hari-hari biasa. Mungkin nanti dua minggu sebelum lebaran baru mulai ada peningkatan yang cukup berarti, itu pengalaman tahun lalu,” ujar Trisno Mulyadi, pemilik toko Sinar Utama.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi