Generasi Baru SAAB Diluncurkan September Mendatang  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 28 Agustus 2009 19:57 WIB
Saab 9-5
TEMPO Interaktif, Jakarta - Manajemen General Motors (GM) mengaku optimistis, varian terbaru yang akan diluncurkan pada Frankfurt Motor Show, 15 - 27 September mendatang, yaitu SAAB 9-5, akan membawa pabrikan otomotif itu ke masa depan baru yang lebih menarik. "Mobil ini menjadi awal dari sebuah era baru bagi merek kami," kata Jan-ake Jonsson, SAAB Automobile's Managing Director dalam siaran pers GM, Kamis (27/08).

"Kami telah menciptakan sebuah produk yang bersifat advance dan sangat khas dengan memanfaatkan kekuatan kunci lokalitas seperti desain Skandinavia yang progresif, performa mengemudi sporty dan aman. Varian 9-5 memberikan semua hal," tandas Jan-ake.

Dibanding generasi sebelumnya, SAAB 9-5 lebih progresif. Desainnya terinspirasi oleh konsep Aero X mobil namun tidak terlalu tinggi, bodi terkesan berotot dengan garis dan lekukan yang teratur. Sederet fitur juga disematkan dalam mobil ini, diantaranya teknologi keyless entry, sehingga pengemudi cukup menyentuh tombol yang terletak antara tempat duduk depan bila ingin menghidupkan mesin.

Pada bagian depan terlihat lampu utama Bi-xenon yang berbentuk balok. Hebatnya, mobil ini juga dilengkapi sebuah layar monitor bagi pengemudi untuk melihat pandangan di depan, sehingga dapat konsentrasi penuh saat mengemudikan mobil. Dengan piranti ini, pengemudi tak perlu lagi tengok kanan kiri untuk melihat kondisi jalanan baik di kanan, kiri maupun depannya

Masih pada bagian kabin, bila pengemudi atau penumpang ingin mendapatkan hiburan musik cukup menyentuh layar berukuran 9 inchi yang disambungkan pada sistem audio Harman Kardon. Dan bagi mereka yang ingin menyimpan musik atau lagu kesayangan bisa menyimpannya pada hard drive 10 giga bites.

Sementara chasiss mobil didesain lentur dengan sistem peredaman yang dilengkapi alat pengukur tekanan udara XWD SAAB's eLSD. Mobil bermesin 2.000 cc empat silinder ini, ditawarkan dalam tiga tipe, yaitu mesin diesel 2.000 cc empat silinder yang mampu menyemburkan tenaga 118 kW atau 160 daya kuda.

Tipe kedua, yaitu mesin bensin turbo 2.000 cc dengan tenaga maksimum 162 kW atau 220 daya kuda, dan tipe ketiga yaitu mesin bensin 2.800 cc V8 yang mampu menyemburkan tenaga maksimal 221 kW atau 300 daya kuda dengan torsi maksimum pada 400 Nm. Kesemua tipe menggunakan transmisi otomotis dengan enam kecepatan.

Rencananya, mobil ini dijual di pasaran pada 2010 mendatang? Tertarik?

WORLD CAR FANS | ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi