Permintaan Mobil Bekas di Mobil 88 Meningkat 70 Persen
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 2 September 2009 14:16 WIB
TEMPO/Santirta

TEMPO Interaktif, Jakarta - Tiga pekan menjelang lebaran, konsumen mulai gencar memburu mobil untuk berlebaran di kampung halaman., tak terkecuali mobil bekas atau mobil seken. Tak pelak, perusahaan penjual mobil bekas pun kebanjiran permintaan.

Permintaan hingga saat ini rata-rata mencapai 40 – 50 persen. Bahkan, di Mobil 88, perusahaan yang dikenal sebagai salah satu pemain utama mobil bekas di pasar nasional, selama Agustus lalu kenaikan permintaan mencapai 70 persen. “Selama bulan lalu, bisa dibilang tertinggi selama tahun ini, yaitu diatas 1.200 unit. Saya lupa persisnya. Tetapi yang pasti, peningkatan permintaan tiga bulan terakhir rata-rata 70 persen,” papar Leovan Widjaja, General Manager Pemasaran Mobil 88, saat dihubungi Tempo di Jakarta, Rabu (2/9).

Ia menyebut, sebelum bulan Ramadan atau tepatnya sebelum Juni, penjualan rata-rata per bulan perusahaannya mencapai 700 unit. “Setelah itu, meningkat terus hingga 70 persen. Dan dari total penjualan atau permintaan tersebut, 70 persennya adalah jenis mobil multi purpose vehicle (MPV). Karena mobil serbaguna ini dinilai paling cocok untuk perjalanan jauh bagi keluarga,” terang Leovan.

Sementara merek mobil yang paling banyak dipilih oleh pembeli, kata Leovan, adalah Toyota yaitu Toyota Avanza, Innova, Rush. Lainnya, merek Daihatsu seperti Xenia, Terios, disusul merek-merek lainnya.

Menyinggung program khusus yang ditawarkan kepada calon pembeli selama bulan Ramadan ini, Leovan mengaku perusahaannya memberikan tawaran gratis biaya premi asuransi total lost dari Garda Oto bagi pembeli selama bulan Agustus dan September menjelang lebaran.

“Kami juga memberikan suku bunga rendah yaitu 7 persen untuk satu tahun, 8 persen untuk dua tahun, dan 9 persen untuk tiga tahun. Tenor juga fleksibel kami berikan hingga empat tahun,” tandas dia.

Kenaikan permintaan juga dialami tempat penjualan mobil bekas skala kecil milik Dedi Setiadi, Subur Motor di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat. “Ya lumayan, saat ini dua sampai empat mobil bisa terjual dalam sehari. Biasanya satu, paling tinggi dua unit saja,” aku dia.

Seperti halnya Leovan, Dedi menyebut mobil MPV keluaran Toyota dan Daihatsu seperti Avanza, Innova, serta Xenia paling banyak diminati konsumen. Dedi mengaku optimitis dua pekan menjelang lebaran, permintaan akan meningkat lagi. “Biasanya seperti itu, itu pengalaman tahun kemarin,” jelas dia.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi