Hyundai Resmi Luncurkan Tucson iX  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 2 September 2009 19:45 WIB
Tucson ix
TEMPO Interaktif, Seoul :Hyundai Motor Company Selasa (25/08) lalu, resmi meluncurkan Sport Utility Vehicle terbarunya, yaitu all new Tucson iX. Pabrikan otomotif ini bermaksud, dengan kehadiran SUV kompak tersebut, bisa kembali memperkuat kepemimpinannya atas pasar SUV domestik Korea Selatan.

Hyundai Tucson iXMobil yang diluncurkan dalam dua varian mesin, yaitu bensin dan diesel. Varian bermesin bensin dibanderol 19 juta won atau sekitar Rp 153,6 juta dan 24 juta won atau sekitar Rp 194,1 juta.

Sedangkan varian mesin diesel, dibanderol 21 juta won atau sekitar Rp 161,7 juta dan 27 juta won atau sekitar Rp 218,4 juta. Keduanya, berkapasitas 2.000 cc, dengan sistem transmisi enam percepatan otomatis.

Varian mesin bensin berpenggerak pada roda depan, sedangkan varian diesel selain berpenggerak roda depan juga terdapat pilihan berpenggerak empat roda (all wheel drive).

“Mesin bensin mampu menyeburkan tenaga maksimal 166 daya kuda. Sementara, mesin diesel 184 daya kuda,” tulis siaran pers Hyundai Motor Company.

Hyundai mengklaim, SUV ini memiliki spesifikasi emisi gas sesuai dengan standar euro-5. Soal konsumsi bahan bakar, Hyundai mengaku mobil produksinya tersebut tergolong irit, untuk mobil bermesin bensin 1 liter untuk 11,7 kilometer. Sedangkan mesin diesel 1 liter 15,4 kilometer.

Lantas apa saja fitur yang disematkan di SUV ini? Oles Gadacz, Direktur Global Public Relation Team menyebut, ada sederet fitur yang melengkapi tampilan SUV tersebut. Di antaranya vehicle dynamic control, downhill brake control and hill-start assist control, emergency stop signal, dan safety rear-view mirror.

Hyundai menyebut, untuk pasaran Korea Selatan, Tucson ix diproduksi itu di pabrik Ulsan. Generasi terbaru Tucson tersebut ditargetkan terjual 16 ribu unit sepanjang 2009 ini. “Dan ditargetkan terjual 40 ribu unit pada 2010 mendatang,” tulis siaran pers Hyundai.

Sementara untuk pasar Eropa, SUV tersebut diberii nama Tucson ix35, dan akan diluncurkan secara resmi pada awal 2010. Meski demikian, rencananya, mobil ini akan diperkenalkan kepada publik pada gelaran Frankfurt Motor Show 15 – 27 September mendatang.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi