Luncurkan Oli Matik, Evalube Andalkan Teknologi Velositas
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 3 September 2009 21:02 WIB
Evalube

TEMPO Interaktif, Jakarta:Pangsa pasar sepeda motor matik atau yang biasa skuter matik (skutik), memiliki daya tarik yang sangat besar. Dengan pertumbuhan penjualan yang mencapai 26 - 30 persen saban tahunnya, pasar motor jenis ini memantik minat pabrikan pelumas (oli) untuk memproduksi oli khusus untuk sepeda motor ini.

EvalubeTak terkecuali PT Wiraswasta Gemilang Indonesia (PT WGI) Produsen oli merek Evalube itu, sejak 16 Agustus lalu telah meluncurkan (soft launching) Evalube 4T Skutik SAE 10W-40 API SG/JASO MB. Meski spesifikasi teknisnya sekilas mirip dengan produk pabrikan lain, namun Ari Barubara, Dirrektur Utama PT WGI mengaku produknya memiliki keunggulan yang tak dimiliki oleh produk sejenis dari pabrikan lain.

"Pembeda produk kami dengan produk lain adalah, teknologi vilositas atau yang disebut Veltec. Teknologi ini selama empat hingga lima tahun terakhir secara intens kami kembangkan bersama perusahaan additive terbesar di Amerika dan Institut Teknologi Bandung," papar Ari di sela acara berbuka bersama dengan kalangan media di Jakarta, Kamis (03/09).

Velositas adalah ukuran  kecepatan pergerakan molekul bahan pelumas yang diukur dalam satuan jarak yang dibagi dalam satuan waktu. Artinya, dengan teknologi itu, oli matik Evalube dirancang sebagai pelumas untuk melindungi komponen mesin yang dipacu dalam kecepatan tinggi dan dalam jarak yang jauh.

Ari menyebut, teknologi Veltec yang diterapkan pada produknya, diwujudkan dalam formula khusus dengan additive molybdenum dithiocarbamate. Sehingga, lanjutnya, memberikan perlindungan mesin secara maksimal pada temperatur tinggi dan kecepatan tinggi. "Dengan demikian, pelumas ini mampu menambah kenyamanan berkendaraan, efisien dalam penggunaan bahan bakar, serta mampu membersihkan komponen mesin serta mampu menjaga dari keausan dan korosi," paparnya.

Sementara itu, Robert Batubara, General Manager Divisi Penjualan PT WGI, mengaku Evalube 4T Scootic ini telah lolos uji jalan yang digelar akhir Agustus lalu. Pengujian dilakukan melalui turing dengan rute Cibitung - Cikampek - Subang - Lembang - Bandung - Lembang - Wanayasa - Cikampek, dan berakhir di Cibitung. "Meski demikian, kami terus akan melakukan pengembangan produk baik dengan uji laboratorium maupun uji melalui perjalanan," akunya.

Menyinggung distribusi, Robert menyebut, produknya baru didistribusikan di pulau Bali dan Jawa. Ihwal dipilihnya Bali, menurut dia, karena di pulau ini populasi sepeda motor matik per kapita tertinggi diantara daerah lain di Indonesia. "Di Bali, meskipun kami pendatang baru, tetapi sudah masuk dalam tiga besar," sebut Robert.

Pada tahun mendatang, kata Robert, pihaknya akan menggenjot penjualannya, terutama di seluruh wilayah Jawa dan Bali. Untuk itu, lanjutnya, PT WGI akan mengaktifkan bengkel mitra penjualan produk Evalube di seluruh Jawa yang saat ini berjumlah 10 ribu bengkel sebagai saluran penjualan oli matik tersebut. "Kami yakin, tidak terlalu sulit untuk melakukan penetrasi pasar. Selain brand kami sudah cukup dikenal, produk kami juga memiliki keunggulan kompetitif yang lebih," klaim Robert.

Ihwal keunggulan, Ari Batubara bertutur, selain keunggulan teknologi velositas, produknya juga memiliki keunggulan ekonomis berupa penghematan pengeluaran yang dibelanjakan konsumen. "Dengan kata lain, kami memiliki keunggulan lain berupa value of money. Artinya, dengan harga yang dibayar konsumen, mereka memiliki keuntungan berupa hemat pengeluaran. karena dengan oli kami mesin tahan lama, penggantian oli lama, dan hemat bahan bakar," terang Ari.

Oli dalam kemasan 0,8 liter produksi PT WGI itu, dibanderol Rp 27 ribu per kemasan.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi