Akhirnya, Hyundai H-1 CKD Diproduksi Akhir Tahun  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 8 September 2009 02:58 WIB
PT Hyundai Mobil Indonesia akan mulai memproduksi MVP H-1 versi CKD akhir tahun ini. (Raju Febrian/TEMPO)
TEMPO Interaktif, Jakarta - Setelah menunggu cukup lama, PT Hyndai Mobil Indonesia (HMI) akhirnya akan meluncurkan mobil penumpang H1 versi rakitan lokal (CKD) akhir tahun ini. Namun harga dan pemasarannya baru dilakukan awal tahun depan.

Rencana perakitan Multi Purpose Vehicle (MPV) andalan Hyundai ini di Indonesia sebenarnya sudah diungkapkan HMI sejak lama. Indonesia akan menjadi pusat produksi H1 yang akan dipasarkan di dalam negeri dan juga ekspor ke negara-negara ASEAN.

"Bulan Desember H-1 akan dirakit di Indonesia. Mudah-mudahan mulai Januari sudah bisa dipasarkan. Sedangkan untuk eskpor ke negara-negara ASEAN sekitar bulan Februari atau Maret," kata Jongkie D Sugiarto, Presiden Direktur PT HMI, saat buka puasa di Jakarta, Senin (7/9).

Mengenai target penjualan Jongkie tak mau bicara banyak. Ia menyebutkan target akan ditingkatkan secara bertahap tiap bulannya dimulai dari 100 unit. Jongkie juga menyebutkan H-1 versi CKD ini akan difokuskan untuk model yang mesin diesel. Alasannya di beberapa negara ASEAN seperti Filipina, Thailand, dan Malaysia, H-1 bermesin diesel lebih diminati.

Saat ini, Hyundai memasarkan H-1 dengan mesin 2.359 cc, 4 silinder segaris. Ada lima varian Hyundai H-1; GLS 9 seater 2.4 L manual, GLS 9 seater 2.4 L otomatis, Elegan 12 seater 2.4 L otomatis, dan XG Classic 2.4 L otomatis. Terakhir HMI juga meluncurkan varian PIV. Sampai Juli lalu H-1 yang berada di rentang harga Rp 340,5 juta sampai Rp 475 juta mencatat penjualan 153 unit.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi