Roll Royce Rp 2,5 Miliar Diluncurkan 15 September  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 8 September 2009 17:37 WIB
Roll Royce Ghost
TEMPO Interaktif, Jakarta:Setelah membuat penasaran publik selama berbulan-bulan, Rolls-Royce Motor Cars (RRMC),  akhirnya akan resmi meluncurkan generasi baru Rolls-Royce, yaitu Roll Royce Ghost pada 15 September atau saat gelaran  Frankfurt Motor Show 2009, Jerman.

Roll Royce Ghost"Sosok Ghost memiliki dimensi yang lebih kecil dibanding Phantom. Meski demikian, Ghost tetap memegang tradisi Rolls-Royce walau ada tambahan tampilan lebih informal dan menitik beratkan pada kenyamanan dalam mengemudi," tulis RRMC dalam siaran persnya.

Ghost dibekali mesin V12 twin-turbo dengan kapasitas 6.600 cc yang mampu menyemburkan tenaga 563 daya kuda. Dengan kapasitas sebesar itu, torsi  780Nm diperoleh pada 1.500rpm. Mobil ini menggunakan sistem transmisi otomatis dengan delapan tingkat percepatan. Disebutkan, mobil berlambang RR iitu, mampu melesat dari  0-9100 per jam dalam tempo 4,9 detik.

Namun, karena sistem pengukuran kecepatan menggunakan pembatas kecepatan elektronik, maka kecepatan maksimal yang bisa dicapai mobil ini mencapai 250 kilometer per jam. Sementara itu, guna mendukung kenyamanan berkendara, generasi terbaru Roll Royce ini di salah satu sudutnya dilengkapi perangkat suspensi udara multi link alumunium. Perangkat ini diklaim jauh lebih sensistif dalam merespon getaran sehingga mampu mengkompensasi setiap gerakan penumpang.

Fitur lainnya adalah, teknologi Dual Integrated Chassis Management System serta Advance Crash and Safety Management (ACSM). Piranti ini disebut-sebut, mampu mengukur dan memproses 2.000 kejadian yang dialami mobil dalam setiap detiknya.

Mobil dengan dimensi panjang 5.399 milimeter (mm), lebar 1.948 mm, serta tinggi 1.550 mm itu juga dilengkapi Active Roll Stabilization, serta Variable Damping Control.Pada bagian kabin terdapat sepasang layar LCD 9.2 inchi, seperangkat kamera untuk membantu saat parkir, sistem pengatur pandangan untuk berkendara saat malam hari, dan sebagainya. Sementara pada bagian-bagian yang dilapisi kulit atau kayu dikerjakan secara manual atau handcraftsmanship alias keterampilan tangan untuk menjaga nilai eksklusifitas.

Mobil yang juga akan dipamerkan di hajatan Frankfurt Motor Show, 15 - 27 September mendatang itu, dibanderol £165,000 untuk pasar Inggris,  €213,000 di pasar Eropa lainnya, US$245,000 untuk Amerika, serta  US$250,000  atau sekitar Rp 2,5 miliar untuk pasar di luar wilayah tersebut.

WORLDCARFANS.COM / ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi