Toyota Boyong Auris Hybrid ke Frankfurt Motor Show  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 12 September 2009 22:15 WIB
/www.worldcarfans.com/

TEMPO Interaktif, Frankfurt:Komitmen Toyota untuk memproduksi mobil ramah lingkungan, memang tak main-main. Terbukti, setelah meluncurkan beberapa varian hybridnya, kini di hajatan Franksfurt Motor Show 2009, yang berlangsung 15 - 27 September, pabrikan asal Jepang itu akan memboyong model konsep mobil hybrid terbarunya, Toyota Auris HSD Full Hybrid untuk dikenalkan ke publik.

Toyota AurisToyota Auris ini rencananya akan dimunculkan dalam Frankfurt Auto Show 2009. Auris merupakan mobil kecil Toyota yang memiliki ukuran dan desain mirip dengan Toyota Yaris di Indonesia. Toyota menyebut, langkah ini merupakan salah satu bukti komitmennya dalam penerapan teknologi hybrid ke produksi massal Toyota.

Sementara itu, Akihiko Otsuka, chief engineer yang juga mendesain Toyota Prius generasi ketiga, seperti dikutip situs resmi Toyota, beberapa waktu lalu mengatakan, “Kami memang sedang mengembangkan sebuah mobil hybrid dengan harga yang lebih murah untuk berkompetisi dengan Honda Insight. Mobil hybrid dengan dimensi yang lebih kecil ini kelasnya sama dengan Vitz dan Yaris,”

Menurut Otsuka, Toyota Auris Hybrid akan memakai mesin 1.800 cc yang menghasilkan daya 98 daya kuda, dan generator listrik sebesar 80 daya kuda. Menurut sumber di Toyota, pabrikan otomotif asal Jepang ini akan memproduksi Toyota Auris HSD Full Hybrid pada paruh dua 2010.

Sedangkan ihwal pengembangan lebih jauh dari Auris ini, Toyota seperti dikutip wolrdcarfans.com menyatakan optimistis sudah bisa memasarkan versi lain dari varian hybrid tersebut.  

Disebutkan juga, mobil hybrid ini akan dirakit di pabrik perakitan Burnaston, tak jauh dari kota Derby. Negara kerajaan tersebut dipilih karena pertimbangan Toyota akan komitmen Inggris terhadap kinerja para pekerjanya dan juga isu kendaraan ramah lingkungan di negara itu.

Tak hanya itu, di negara itu, varian hybrid pertama yang dijual Toyota adalah Prius, yaitu pada 2000 termasuk Lexus dan Prius generasi ketiga. Kini populasi mobil hybrid Toyota di Inggris mencapai sekitar 30.000 unit.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi