Pameran Otomotif Frankfurt Dibuka, Mobil Listrik Jadi Bintang
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 16 September 2009 16:10 WIB

TEMPO Interaktif, Frankfurt: Pameran otomotif terbesar dunia, Internationale Automobil-Ausstellung di Frankfurt atau lebih top dengan nama Frankfurt Motor Show, dibuka Selasa (15/9). Mobil listrik dan hibrida menjadi warna paling mencolok dalam pameran ini.

Beberapa merek memamerkan mobil listrik--baik mobil listrik murni maupun hibrida colok alias menggunakan cadangan mesin bensin atau solar--mereka. Mobil listrik ini dianggap masa depan karena melepas ketergantungan kendaraan dari bahan bakar minyak.

Salah satu yang paling mencolok adalah Renault. Mereka memamerkan mobil listrik Renault Fluence Z.E. yang bakal dipasarkan 2011. Ini mobil listrik murni, tidak memiliki mesin bensin atau diesel sebagai cadangan.

Dari Jepang, Toyota memamerkan Prius hibrida colok. Berbeda dengan Prius konvensional, mobil ini bisa ditenagai dari listrik rumah, tidak berbeda dengan mobil listrik. Mesin bensin hanya dipakai untuk berjaga-jaga. Ini berbeda dengan Prius sebelumnya yang tenaga listriknya hanya didapat dari energi yang terbuang saat mobil mengerem.

Pabrik Amerika Serikat tidak mau kalah. General Motors membanggakan Chevrolet Volt yang juga mengusung teknologi hibrida colok .

Tapi tuan rumah tidak mau kalah. Mercedes memamerkan mobil konsep Mercedes B-Class F-Cell, mobil listrik yang digerakkan oleh energi fuel cell yang bebas emisi itu.

Sedang BMW, pabrikan Jerman lain, memamerkan mobil konsep Vision EfficientDynamics. Ini mobil hibrida sport dengan kekuatan tinggi. Motor listrik pun sampai dua buah untuk menggerakkan mobil ini.

Jerman memang kalah dalam urusan mobil listrik ini. Toyota sudah menjual Prius sebanyak dua juta buah. Sedang satu-satunya mobil Mercedes hibrida  yang ada di pasar, S400, baru laku kurang dari 200 buah.AP/NURKHOIRI 

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi