Briatore Tinggalkan Renault
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 17 September 2009 17:00 WIB

TEMPO Interaktif, Paris - Kasus tudingan pengaturan hasil (crash-gate) oleh tim Formula 1, Renault, pada Grand Prix Singapura 2008 terus bergulir. Dua petinggi tim itu, bos Flavio Briatore dan direktur Teknik Pat Symonds, memilih mundur.

Pengunduran diri Briatore dan Symonds dilakukan Kamis lalu. Kepergian keduanya diduga sebagai persiapan menghadapi sidang World Motor Sport Council (WMSC) yang akan digelar di Paris Senin nanti. Dengan keluarnya Briatore dan Symonds, Renault berharap keuntungan dengan tidak mendapat sangsi dari FIA, selaku organisasi otomotif internasional yang tertinggi.

"ING Renault F1 Team tidak akan melawan atas tuduhan yang sedang dilakukan FIA soal kejadian di GP Singapura 2008,” bunyi pernyataan resmi Renault. “Juga kami nyatakan di sini bahwa manajer tim Flavio Briatore dan direktur teknik Pat Symonds telah meninggalkan tim."

Kasus crash-gate GP Singapura 2008 adalah kasus kecelakaan yang dialami pembalap Renault, Nelson Piquet Jr, dalam balapan pertama malam hari yang diselenggarakan di Singapura tahun lalu. Piquet Jr, yang Juli lalu didepak Renault, mengaku kecelakaan itu disengaja atas perintah tim Renault guna memastikan Fernando Alonso jadi juara. Oleh ayahnya, Nelson Piquet senior, yang merupakan mantan juara dunia tiga kali, kasus ini dilaporkan ke FIA.

Spekulasi yang beredar di media massa Eropa mengatakan FIA kemungkinan tidak akan menghukum Renault sebagai tim. Pihak-pihak yang akan disalahkan nanti adalah Briatore, Symonds, dan Piquet Jr. Pihak Renault sendiri enggan memberi pernyataan hingga sidang di Paris nanti.

BBC | Aris M

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi