Alonso Klaim Layak Menang di GP Singapura
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 25 September 2009 09:19 WIB
AP Photo/Christof Stache
TEMPO Interaktif,Madrid:Pembalap Renault, Fernando Alonso mengungkapkan membela status kemenangan pada Grand Prix Singapura tahun lalu melawan tuduhan skandal pengaturan hasil (crash gate). Pada hari yang sama dua sponsor utama tim Prancis itu memutuskan untuk mundur.

Alonso yang lolos dari sanksi menegaskan ia layak mendapatkan kemenangan di Singapura tahun lalu. “Saya melihatnya itu sebagai kemenangan, ya,” tegas Alonso yang mengaku tidak mengetahui rencana pengaturan hasil yang telah disiapkan dengan matang para petingginya di Renauilt, Jumat (25/9).“Interpretasi saya terhadap lomba adalah bagaiman saya memenangkannya? Tabrakan Pique terjadi di awal lomba. Mobil saya tampil prima dan saya tidak melakukan kesalahan.”

Federasi Otomotif Internasional (FIA), sebelumnya telah memberikan sanksi seumur hidup dilarang berkecimpung di dunia jet darat bagi Briatore terkait perannya dalam skandal terbesar dalam jagat Formula 1 tersebut. Badan otomotif dunia itu juga mengganjar Symonds lima tahun dan menskorsing permanen Renault.

“Saya puas bisa berkolaborasi dengan FIA pada pertemuan di Paris dan saya senang masalahnya telah berakhir bahwa saya tidak terlibat dengan apa yang telah terjadi,” tambah Alonso.

“Itu kejadian lampau dan kini waktunya bagi saya untuk terus berjalan. Ini Singapura 2009 bukan 2008. Bagus tim bisa melupakan hal ini dan mendukung dan berkonsentrasi pada masa depan.”

Alonso merasa terganggu dengan orang-orang yang mempertanyakan integritasnya terkait skandal crash gate. “Tidak ada yang perlu saya validasi dan saya tidak perlu membuktikan apapun. Saya telah berkecim0ung di F1, 9 tahun dan telah meraih dua gelar juara dunia. Saya selalu memberikan yang terbaik,” tegasnya.

Ditinggal Sponsor

Namun, masalah belum akan meninggalkan Renault. Keinginan tim untuk bertahan di F1 tahun depan terancam setelah dua sponsor utamanya ING dan Mutua Mardilena memutuskan kontrak di tengah jalan.

ING, perusahaan asuransi yang telah menyediakan bujet tim selama ini, telah merencanakan untuk menarik diri dari Renault pada akhir musim sebagai bagian dari program pengurangan pengeluaran perusahaan. Namun, perusahaan yang berbasis di Belanda itu memutuskan untuk mundur lebih awal. “ING sangat kecewa dengan apa yang telah terjadi di Renault terutama kesuksesan sponsor kami pada masa depannya,” tulis pernyataan resmi ING.

ING adalah sponsor yang menjadi pemasukan utama Renault. Buktinya perusahaan itu menyediakan lebih dari setengah pendapatan tim. Laporan dari lembaga Formula Money awal tahun ini mengungkapkan bahwa perusahaan tersebut telah menguruckan 40 juta pound sterling (setara Rp 617 miliar).

Mutua Madrilena, perusahaan asuransi Spanyol juga memutuskan mundur dengan alasan yang sama seperti ING. Namun, perusahaan menyatakan keputusan ini tidak berpengaruh terhadap sponsor yang telah dilakukannya terhadap Alonso.

INDEPENDENT | BAGUS WIJANARKO

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi