Renault Ditinggalkan Para Sponsor
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 25 September 2009 14:59 WIB
TEMPO Interaktif,London: Penderitaan tim Renault akibat skandal pengaturan hasil pada balapan Formula 1 di Singapura tahun lalu ternyata belum habis. Setelah mendapatkan sanksi berat dari Federasi Otomotif Internasional (FIA), Renault kini juga mulai ditinggalkan para sponsornya. 

Perusahaan ING dan Mutua Madrilena menyatakan menghentikan kerja sama mereka dengan Renault, Kamis (24/9) lalu. ING, sebuah perusahaan keuangan yang berbasis di Belanda adalah sponsor yang menyokong sebagian besar pendanaan Renault. Sedangkan Mutua adalah perusahaan asuransi asal Spanyol. 

Sebelumnya, ING memang berencana mundur sebagai sponsor Renault pada akhir musim balapan tahun ini demi menjalankan program efisensi keuangan. Namun setelah FIA mengumumkan kecurangan tim Renault, ING langsung mengeluarkan pernyataan penghentian kerja samanya sebagai sponsor tim itu meski balapan musim ini masih tersisa empat seri lagi. 

“ING sangat kecewa dengan adanya kejadian (kecurangan) tersebut, terlebih lagi hal itu sangat bertolak belakang dengan keinginan kami mendukung Renault menjadi tim yang sukses,” ungkap ING dalam pernyataan tertulisnya. 

ING merupakan sponsor terbesar Renault yang menyediakan lebih dari separuh dari total dana sponsor mereka untuk operasional tim balap itu. Dari US$ 86 juta (Rp 860 miliar) yang disediakan ING untuk kegiatan olahraga, sebanyak US$ 65 juta (Rp 650 miliar) diberikan kepada Renault. 

Mutua juga menghentikan dukungan mereka kepada Renault dengan alasan yang sama. Meski menghentikan kerja sama dengan Renault, hal itu tidak akan mempengaruhi dukungan Mutua kepada pembalap tim itu, Fernando Alonso. 

“Kami percaya bahwa tindakan beberapa orang di dalam tim itu (yang terkait insiden di Singapura) adalah hal serius yang tidak bisa dikompromikan lagi. Mereka tidak hanya merusak integritas olahraga tapi juga membahayakan keselamatan pengemudi, personil sirkuit bahkan penonton,” ungkap perusahaan itu dalam pernyataan tertulisnya. 

Kecurangan yang dilakukan oleh Renault dinilai bakal membawa efek buruk bagi sponsor tim. “Hal itu jelas mempengaruhi citra, reputasi dan nama baik para sponsor tim.” Mutua juga meminta Renault segera menghapus nama perusahaan itu dari kendaraan yang akan dipakai untuk lomba. 

Ditinggalkan para sponsor adalah pukulan telak bagi Renault yang sebelumnya sudah dijatuhi hukuman larangan tampil selama dua tahun. FIA juga memberikan sanksi seumur hidup dilarang berkecimpung dalam dunia balap bagi mantan bos Renault, Flavio Briatore. Sedangkan mantan direktur rancang bangun Renault Pat Symonds dihukum tidak boleh aktif dalam dunia balapan selama lima tahun. 

Briatore dan Symonds terbukti bersalah karena menyuruh pembalapnya Nelson Piquet Jr untuk menabrakkan mobilnya ke pagar pembatas dalam balapan di Singapura agar Alonso bisa jadi juara. Ada pun Alonso dinyatakan tidak bersalah karena dinilai tidak tahu apa-apa soal konspirasi itu. 

REUTERS | AUTOSPORT | GABRIEL WAHYU TITIYOGA

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi