Kemewahan Baru dari Mercedes Benz E-Class  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 27 September 2009 08:44 WIB
Mercedes Benz
TEMPO Interaktif, Jakarta - Bintang baru sedan luxury dihadirkan Mercedes-Benz Indonesia ketika memperkenalkan The New Mercedes-Benz E-Class. Embel-embel "New" memang tidak sembarangan disematkan Mercedes-Benz. Setelah tujuh tahun bertahan dengan tipe W211, Mercedes-Benz hadir dengan E-Class generasi kesembilan dengan tipe W212.

Ketika memperkenalkan, Mercedes-Benz langsung menawarkan dua model E-Class, yaitu E-Class Saloon dan E-Class Coupe.

Untuk model Saloon, banyak perubahan signifikan yang dilakukan Mercedes-Benz untuk varian empat pintunya ini. Di sisi eksterior, E-Class baru tampil lebih maskulin dibanding pendahulunya. Hal ini terlihat pada tarikan garis siluet di depan, samping, dan belakang sedan premium ini. E-Class baru juga hadir lebih kinclong pada bagian depan, khususnya pada bagian lampu. Kesan blink-blink terlihat pada lampu kecil pada grille depan bagian bawah.

Saloon ini memiliki fitur transmisi 7G-Tronic dengan DIRECT Select dan Gearshift Steering Wheel, Panoramic Sliding Sunroof, Intelligent Light System with LED Daytime Driving Light, dan Adaptive High-Beam, Thermatic Climate Control, Dynamic Multicontour Front Seats (Avantgarde), audio 20 dengan head-up display 5,8 inci dengan Bluetooth interface, dan parking guidance.

Di bawah bonet dipasang mesin 2.996 cc bertenaga maksimal 170 kW (231 hp) pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 300 Nm pada 2.500-5.000 rpm. Mobil dengan transmisi 7G-TRONIC ini diklaim bisa melesat 0-100 km/jam hanya dalam waktu 7,5 detik dengan kecepatan maksimal 247 kilometer per jam.

E-Class Saloon yang pertama kali ditawarkan di Tanah Air hanya satu model, yaitu E300 dengan dua varian, yaitu E300 Elegance dengan banderol Rp 1,059 miliar (off the road) dan E300 Avantgarde seharga Rp 1,099 miliar (off the road).

Dari sisi harga, E-Class memang terasa "wah". Tapi jangan salah. Berdasarkan data Gaikindo, E-Class menyumbangkan 669 unit dari total penjualan Mercedes-Benz sebanyak 1.567 unit hingga Agustus 2009. Penjualan terbesar masih diberikan C-Class sebanyak 734 unit, sedangkan S-Class terjual 164 unit.

"New E-class Saloon akan mulai diproduksi lokal setelah Idul Fitri dan mulai dipasarkan pada akhir 2009," ujar Rudi Borgenheimer, Presiden Direktur dan CEO PT Mercedes-Benz Indonesia. Setelah mulai diproduksi, varian E-class akan bertambah dengan kehadiran E200 CGI dan E250 CGI. Harganya? Rudi menyebut angka Rp 800 juta hingga Rp 1 miliar.

Selain E-Class Saloon, Mercedes-Benz memasukkan E-Class Coupe, yang diboyong utuh alias CBU. Versi Coupe ini dibuat untuk menggantikan model CLK. Sama seperti versi Saloon-nya, E-Class Coupe ini serba baru. Selain namanya yang baru, platformnya tak lagi memakai C-Class, melainkan E-Class.

E-Class Coupe dihadirkan dalam tiga varian, yaitu E 250 CGI Coupe Avantgarde Rp 1,069 miliar, E 350 Coupe Elegance Rp 1,299 miliar, dan E 350 Coupe Avantgarde AMG Rp 1,379 miliar. Ketiganya masih dalam off the road.

ARIF ARIANTO | RAJU FEBRIAN

#Mobil Mewah

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi