Hamilton Juara di Singapura  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 27 September 2009 21:30 WIB

TEMPO Interaktif, Singapura - Pembalap tim McLaren Lewis Hamilton berhasil meraih kemenangan keduanya tahun ini setelah menjuarai balapan Formula 1 di sirkuit Marina Bay, Singapura, Minggu (27/9).

Memulai lomba dari pole position, juara balap Formula 1 2008 itu finis tercepat pada balapan yang berlangsung malam hari itu dengan catatan waktu satu jam 56 menit dan 6,337 detik.

Di garasi McLaren, para personel tim merayakan kemenangan Hamilton dengan gembira. Kemenangan pembalap asal Inggris itu merupakan kado indah bagi tim McLaren di tengah keterpurukan tahun ini yang minim prestasi. Hamilton sendiri meraih kemenangan pertamanya tahun ini di Hungaria Juli lalu.

“Kemenangan yang luar biasa, balapan ini ketat sekali. Saya bersyukur bisa menempati posisi terdepan saat lomba dimulai dan menjuarainya,” kata Hamilton.

Hamilton mengatakan mobil dan alat KERS (Kinetic Energy Recovery Systems) yang dipasang di kendaraannya bekerja sangat baik dalam balapan yang berlangsun sebanyak 61 putaran itu. Berkat peralatan itu pula Hamilton bisa melaju lebih cepat saat start.

“Saya berterima kasih kepada seluruh teknisi yang menyiapkan mobil saya hingga bisa menang balapan malam ini,” kata Hamilton.

Pembalap tim Toyota Timo Glock menempati urutan kedua dengan selisih waktu 9,6 detik di belakang Hamilton. Ada pun pembalap asal Spanyol Fernando Alonso berhasil finis di urutan ketiga.

Kinerja Alonso ini juga membawa sedikit angin segar bagi tim Renault yang tengah terpuruk setelah dihukum oleh Federasi Otomotif Internasional (FIA) akibat skandal pengaturan hasil balapan di sirkuit ini tahun lalu.

Meski begitu, pihak Renault mengindikasikan bahwa Alonso bakal meninggalkan tim itu setelah musim balapan tahun ini berakhir. “Renault akan tetap menjadi keluarganya. Kami bakal kehilangan dia tapi dia pun pasti merindukan kami,” kata Direktur Pelaksana Renault Jean-Francois Caubet kepada televisi Prancis TF1.

Ada pun pembalap tim RedBull, Sebastian Vettel, masih bisa menyelamatkan gengsi timnya dengan finis di urutan keempat setelah rekan satu timnya, Mark Webber, gagal menyelesaikan lomba karena mengalami kecelakaan. Webber mengalami kecelakaan karena menabrak dinding pembatas lintasan setelah keluar dari pit di putaran ke-23.

Sedangkan pembalap Brawn GP Jenson Button masih mampu mengamankan posisinya sebagai pemimpin klasemen pembalap setelah menyelesaikan lomba di urutan kelima. Ia kini mengumpulkan 84 poin dan unggul 15 angka dari rekan setimnya, Rubens Barrichello, yang menempati posisi kedua di klasemen. Barrichello sendiri finis di urutan keenam dalam balapan itu.

Tim Brawn juga masih memimpin klasemen konstruktor dengan mengumpulkan 153 poin. RedBull menempati posisi kedua dengan 110,5 poin disusul oleh tim Ferrari yang mengumpulkan 62 poin.

REUTERS/GABRIEL WAHYU TITIYOGA

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi