Bos Toyota : Penjualan Mobil di Jepang dan Amerika Tahun Ini Turun  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 2 Oktober 2009 23:53 WIB

TEMPO Interaktif, Tokyo:Presiden Direktur Toyota Motor Corporation (TMC), Akio Toyoda, Jumat (02/10) mengatakan bahwa dirinya optimitis terhadap prospek bagi industri otomotif global yang sakit-sakitan akibat krisis ekonomi.

Namun, Toyoda memperingatkan bahwa lonjakan Yen yang terjadi baru-baru ini bisa menjadi kendala pemulihan. Cucu dari pendiri Toyota itu menegaskan bahwa, untuk tahun ini, penjualan mobil di pasar Amerika Serikat dan Jepang akan menurun menyusul krisis keuangan global.

"Tapi (penjualan) pasti pulih, meskipun dalam jangka panjang," ujar Toyoda, 53, menduduki jabatan Presiden Direktur Toyota pada Juni lalu itu dalam sebuah konferensi pers seperti yang dikutip AFP.

Namun, Toyoda enggan berkomentar tentang kemungkinan akibat dari penarikan tujuh merek produknya, termasuk ES350 di Amerika yang diumumkan Selasa (27/09) lalu.

Perusahaan ini dikabarkan telah menarik 3,8 juta unit di Amerika setelah terjadi kecelakaan di California yang diduga akibat pedal gas mobil produk Toyota terseret karpet kabin dan mengakibatkan empat nyawa melayang. "Ini sangat disesalkan, empat orang yang mengendarai mobil Toyota harus kehilangan nyawa mereka," kata Toyoda "Saya sangat berduka cita atas kejadian itu,"

Toyota pun telah melakukan investigasi atas kecelakaan itu dengan bekerjasama dengan otoritas industri otomotif Amerika "Tetapi kami belum menentukan secara rinci," tambah Toyoda.

Toyota, produsen mobil nomor wahid di dunia, penjualan domestiknya pada September lalu meningkat sebesar 14 persen karena didorong oleh insentif pemerintah untuk mobil emisi rendah. Namun, penjualan di Amerika Serikat mengalami penurunan 16 persen.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi