Daihatsu Akan Kenalkan Mobil Kompak nan Irit
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 12 Oktober 2009 16:15 WIB
Dok: Daihatsu
TEMPO Interaktif, Tokyo - Pabrikan otomotif asal Jepang, Daihatsu Motor, mengumumkan akan memamerkan varian hatchback terbarunya, Daihatsu e:S, di hajatan Tokyo Motor Show yang akan digelar 24 Oktober – 4 November mendatang. Mobil berukuran kompak dengan mesin berkapasitas 660 cc tiga silinder itu diklaim sangat irit konsumsi bahan bakar.

Dari hasil uji coba Daihatsu Jepang, seperti dikutip wolrdcarfans.com, mobil ini mengkonsumsi satu liter bensin untuk 30 kilometer jarak yang ditempuh. Hal itu, sebut sumber Daihatsu, sesuai dengan namanya, “yaitu e:S yang berarti eco Smart.”

Mobil dengan panjang sumbu roda 2,175 meter dengan tiga pintu (dua disamping dan satu di belakang) serta total bobot 700 kilogram itu, disebut-sebut bakal dibanderol 1 juta Yen atau sekitar Rp 110 juta. Dengan bentuknya yang sangat kecil itu, e:S sangat lincah untuk bermanuver dan sangat cocok untuk dikendarai di jalan raya, khususnya yang kerap mengalami macet.

Mobil ini akan bersaing ketat dengan varian sejenis dari Toyota yaitu Toyota iQ serta Mercedes Smart yang juga berukuran kompak. Namun, sumber Daihatsu tidak menyebutkan secara rinci kapan mobil tersebut mulai diproduksi secara massal dan dipasarkan.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi