Exora Menjadi Klinik Keliling Bagi Korban Gempa  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 15 Oktober 2009 18:03 WIB
Foto dok Proton

TEMPO Interaktif, Jakarta:PT Proton Edar Indonesia (PT PEI), Agen Tunggal Pemegang Merek Proton di Indonesia, Kamis (15/10) menyerahkan tiga unit Proton Exora kepada Mercy Malaysia. Mobil itu digunakan sebagai mobil Klinik Keliling guna membantu pemulihan akibat gempa di Padang, Sumatera Barat.

Proton ExoraPemberian mobil tersebut menyusul sumbangan dari Proton Holiding Berhad senilai RM 50 ribu kepada korban gempa yang disalurkan melalui Mercy Malaysia yang dserahkan di Subang Jaya, 9 Oktober lalu.

"Kami tegaskan, ini bukan promosi Proton. Karena tujuan utama kami adalah untuk membantu upaya pemulihan paska bencana gempa. Dan fokus kami adalah para korban yang berada di wilayah-wilayah terpencil. Karenanya, selain memberikan bantuan obat-obatan dan bantuan lain, kami serahkan mobil ini," tutur Ricky H.K Too, Presiden Direktur PT PEI di sela acara penyerahan mobil Proton Exora kepada perwakilan Mercy Malaysia, di Jakarta, Kamis (15/10).

Sementara itu, Maria Lauranti, Kepala Misi Bantuan untuk Padang Mercy Malaysia mengaku merasa terbantu dengan pemberian bantuan mobil tersebut, karena mobilitas para dokter dan tenaga paramadis yang diterjunkan di wilayah gempa tersebut akan lebih mudah.

"Karena memang fokus kami ke wilayah-wilayah pinggiran kota atau bahkan di luar kota, yaitu di Pariaman," aku dia.

Maria menuturkan Mercy Malaysia, datang ke Padang pada 1 Oktober lalu atau sehari setelah gempa berkekuatan 7,6 skala Richteer mengguncang wilayah Padang dan sekitarnya. "Kami menerjunkan 27 orang tenaga medis yaitu dokter dan tenaga paramedis, serta 15 orang sukarelawan," terang Maria.

Dia menambahkan, tim tenaga medis dari Mercy Malaysia bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah Pariaman untuk menangani para korban gempa. Salah satu diantaranya adalah melakukan kerjasama dengan tim bedah rumah sakit tersebut.

Sedangkan mobil klinik keliling itu akan digunakan untuk menunjang operasional penanganan korban gempa pada wilayah di luar kota Padang. Sebelumnya, tim yang dipimpin Maria telah memberikan bantuan di Padang Pariaman, Padang Sego, serta Ampalu. Bahkan tidak menutup kemungkinan daerah-daerah lain yang belum terjangkau.

"Kami akan terus di wilayah gempa hingga selesainya proyek rehabilitasi akibat gempa tersebut," tandas Maria.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi