Ford Versi CKD? Tunggu Tahun 2015
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 20 Oktober 2009 22:37 WIB
Will Angove, Presiden Direktur PT Ford Motor Indonesia (kiri) didampingi Davy Tuilan, Direktur Marketing PT FMI saat memperkenalkan Ford Ranger. (Raju Febrian/TEMPO)
TEMPO Interaktif, Jakarta - Pecinta mobil-mobil Ford masih harus bersabar menunggu model Completely Knock Down (CKD) alias rakitan dalam negeri. Pasalnya, PT Ford Motor Indonesia (FMI), selaku pemegang merek Ford di Indonesia, berancang-ancang akan membangun manufaktur sendiri baru di tahun 2015. Itupun dengan syarat penjualan mereka bisa mencapai angka 15.000 sampai 20.000 ribu unit lebih dulu.

Hal tersebut diungkapkan Will Angove, Presiden Direktur PT FMI saat berbincang dengan wartawan dalam Ford Media Gathering di Jakarta, Selasa (20/10) siang. Menurut Will, dengan penjualan tahunan di kisaran itu plus produksi untuk ekspor, maka semua biaya operasional bisa tertutupi.

"Penjajakan sebenarnya sudah dilakukan Ford Motor Company, tapi kami terlebih dulu harus memenuhi apa yang disebut titik optimum. Kita akan usahakan 3-4 tahun ke depan untuk mencapai angka ini," kata Will.

Untuk saat ini FMI memasukkan semua produknya dalam bentuk Completely Bulit Up (CBU) atau impor utuh. Ford Ranger, Ford Everest, dan nantinya Ford Fiesta yang akan dimasukkan pertengahan tahun 2010, diboyong dari Thailand. Sedangkan Ford Escape dan Ford, didatangkan dari Filipina.

Sebagai catatan dua negara di Asia Tenggara yang memiliki pabrik sendiri adalah Thailand dan Filipina. Thailand saat ini mencatat angka penjualan tahunan sebesar 20.000 unit per tahun, namun jika ditambah ekspor mereka bisa mencatat angka 200.000 unit per tahun.

"Sedangkan Filipina, meski penjualan domestik mereka hanya 6.000 unit setahun namun negara ini memang memiliki fokus ekspor dengan angka 40.000 unit per tahun," kata Davy Tuilan, Direktur Marketing PT FMI.

Jika bicara Cina, beberapa minggu yang lalu, Ford Motor Company mengumumkan mulainya pembangungan sebuah fasilitas pabrik seluas satu juta meter persegi di Chongqing yang dijadwalkan akan rampung pada tahun 2012 dengan biaya US$ 490 juta.

Fasilitas tersebut akan memulai memproduksi Ford Focus generasi terbaru pada tahun 2012 dan akan mampu memproduksi berbagai macam produk kedepannya. Pabrik terbaru ini pertama kalinya akan mampu menghasilkan 150,000 jumlah kendaraan setiap tahunnya, dan akan naik sampai 600,000 unit pada tahun 2012.

RAJU FEBRIAN

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi