Todt Kandidat Kuat Penerus Mosley
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 23 Oktober 2009 13:47 WIB
TEMPO Interaktif, Paris:Jean Todt difavoritkan akan mengalahkan calon kuat lainnya Presiden FIA Ari Vatanen yang akan ditentukan hari ini.

Todt diklaim akan mendapat dukungan dari mantan bos FIA Max Mosley, yang 16 tahun kekuasaannya di badan tersebut berakhir akibat skandal seks.

Todt, 63 tahun asal Prancis, adalah mantan orang penting di Ferrari yang mengangat nama besar Tim Kuda Jingkrak di lintasan Formula Satu, juga mengabdi di FIA.

Vatanen, 57 tahun adalah mantan pembalap World Rally Championship (WRC) dan juara reli Paris-Dakar dari Finlandia yang sempat bersaing dengan Todt di lintasan balap pada era 1980-an. Ia bertekad untuk membersihkan nama FIA yang sempat mencoreng dunia F1, untuk mengalahkan Todt.

Bos F1, Bernie ecclestone dan juara dunia tujuh kali Michael Schumacher mendukung upaya Todt menjadi Presiden FIA.Todt, suami aktris Malaysia Michele Yeoh dalam kampanyenya membawa slogan 'kemampuan dan kompetisi, inovasi, dan kesempurnaan.

Gaya kepemimpinan Todt diklaim sama seperti Mosley dan menawarkan kelanjutan pada kampanyenya. Ia kemungkinan besar akan mempertahankan posisi pejabat senior di FIA.

AP | BAGUS WIJANARKO

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi