Porsche Panamera Diluncurkan di Indonesia  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 23 Oktober 2009 15:50 WIB
Porche Panamera

TEMPO Interaktif, Jakarta:PT Eurokars Artha Utama (Porsche Centre Jakarta), distributor mobil sport Porsche di Indoesia, Jumat (23/10) meluncurkan varian teranyar dari Porsche Panamera, yaitu New Porsche Panamera. Mobil ini disebut-sebut sebagai pesaing utama Aston Martin Rapide dan Jaguar XFR.

"Indonesia menjadi negara ke tiga di Asia yang meluncurkan mobil empat pintu itu, setelah China dan Singapura," Herbert Kwee, Kepala Eksekutif Eurokars Grup di sela peluncuran Porsche Panamera, di Jakarta, Jumat (23/10). Kwee menyebut Porsche Panamera yang diboyong ke Indonesia ini terdiri dari tiga tipe yaitu Turbo, 4S, serta S.

Tipe S atau tipe standar dari varian ini 8 silinder, 4.800 cc V8 menghasilkan tenaga 400 daya kuda. Mobil ini menggunakan sistem transmisi manual enam percepatan. Tetapi pada tipe ini juga ditawarkan opsi sistem transmisi tujuh percepatan, dengan kopling ganda atau Porsche Doppelkupplungsgetriebe atau biasa disebut PDK.

PorscheSementara tipe 4S menggunakan sistem transmisi PDK ditambah sistem pengendalian traksi khas Porsche (Porsche Traction Management), dengan sistem penggerak empat roda atau all-wheel drive.

Disebutkan, akselerasi dari 0 - 100 kilometer per jam dicapai dalam waktu 5 detik. Tipe 4S ini mampu melesat hingga 282 kilometer per jam. Soal konsumsi bahan bakar, New Porsche Panamera terbilang boros, yaitu satu liter bahan bakar untuk 9 kilometer jarak yang ditempuh.

Sedangkan tipe Turbo memiliki kemampuan melesat sangat tinggi, 303 kilometer per jam dengan akselerasi sprint dari 0 - 100 kilometer dicapai hanya dalam waktu 4,2 detik. Tipe ini mengkonsumsi satu liter bahan bakar untuk 8,2 kilometer per jam.

Selain menawarkan performa mesin yang tangguh, New Porsche Panamera juga menjanjikan kenyamanan dalam berkendara. Terbukti sejumlah fitur disematkan di mobil ini. Misalnya, sistem start-stop untuk menghidupkan atau mematikan mesin otomatis.

Fitur tersebut mampu menurunkan tingkat konsumsi bahan bakar hingga 10 persen di saat jalanan macet. Empat suspensi udara dipasang di keempat shockbreaker, walhasil stabilitas kendaraan pun terjaga karena getaran diredam hingga seminim mungkin.

"Dengan sejumlah fitur itu, Porsche Panamera ini memberikan kenyamanan dan keamanan berkendara dengan tampilan yang menunjang gaya hidup," tutur Yudy Widodo, Wakil Presiden Sales Marketing Porsche Centre Jakarta.

Namun, Yudy tak bersedia menyebut harga varian terbaru keluaran Porsche tersebut. Dia beralasan, pihaknya masih menghitung aspek perpajakannya. Tetapi Yudy memberi ancar-ancar, harga tipe S di Eropa, saat ini mencapai Rp 1,3 miliar.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi