General Motors Kuasai Saham Daewoo  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 26 Oktober 2009 16:37 WIB
Dok: asesorautomotriz.com

TEMPO Interaktif, Jakarta:Dinyatakan pailit tak membuat General Motors Co (GM) ambruk. Pabrikan otomotif asal Amerika ini, justeru mulai menggeliat. Terbukti, GM membeli seluruh saham baru Daewoo senilai US413 juta yang ditawarkan melalui right issue (penerbitan saham baru).

DaewooGM memborong saham tambahan GM Daewoo itu setelah Korea Development Bank (KDB), SAIC Motor Corp, dan Suzuki Motor menyatakan tak berminat.

Seperti dikutip Detroit News, GM Daewoo dimiliki oleh empat pemegang saham yaitu GM, Korea Development Ban (KDB), Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC), serta Suzuki Motor Corporation.

Dengan pembelian itu, kepemilikan saham GM di Daewoo meningkat dari 51 persen menjadi 70,1 persen. Sedangkan saham KDB menyusut dari 28 persen menjadi 17 persen.

Disebutkan, setelah SAIC menyatakan tak tertarik terhadap tawaran dari Daewoo, Suzuki, juga menyatakan hal serupa. Pabrikan asal Jepang itu lebih tertarik tawaran Volkswagen dan upaya untuk memproduksi Kizashi di Amerika.

Sebelumnya, pemerintah Amerika telah mewanti-wanti GM agar tidak menggunakan dana talangan yang diberikan pemerintah kepadanya untuk membiayai pengembangan anak usaha di luar Amerika. GM diharuskan mencari sumber pembiayaan sendiri.

Namun Presiden GM Nick Reilly seperti dikutip Reuters akhir pekan lalu menegaskan mendukung upaya pembiayaan salah satu anak usahanya yang berada di wilayah Asia tersebut. "Langkah lainnya yang berkaitan dengan upaya pendanaan dari GM Daewoo akan dibicarakan lebih lanjut, jika memang hal itu dibutuhkan," tutur dia.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi