Pasar Mobil di Cina Diperkirakan Tumbuh 10 Persen  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 29 Oktober 2009 15:41 WIB
AP Photo
TEMPO Interaktif, Seoul - General Motors Co memprediksi pasar mobil di Cina tumbuh 10 persen tahun depan, meski tanpa insentif pemerintah. Cina pun diramalkan tetap menjadi pemimpin pasar mobil dunia.

Presiden GM International Operations Nick Reilly mengatakan kepada wartawan, Rabu (29/10) waktu setempat, penjualan mobil di Cina pada 2010 ditargetkan bertambah menjadi 13 juta unit dari target tahun ini yang mencapai 12,5 juta unit.

“Ada perkembangan di pasar tersebut meski tanpa insentif dari pemerintah. Pertumbuhannya pun terus melaju, mungkin 10 persen. Itu karena ada insentif. Saya memprediksi pertumbuhan akan mencapai 10 persen per tahun meski tanpa insentif,” ujar Reilly.

Reilly meramalkan pemerintah Cina tidak akan mencabut secara serentak semua stimulus untuk meningkatkan permintaan mobil.

Menurut Reilly, GM tidak akan membutuhkan dana tambahan untuk operasi mereka atau untuk pembayaran utang dan penyelesaian kontrak asing untuk dua tahun ke depan. Namun, pihaknya akan tetap mendiskusikan kontrak bantuan finansial jangka panjang untuk GM Daewoo dengan kreditor Korea Development Bank.

REUTERS| KODRAT SETIAWAN

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi