Sai Sedan Hybrid Terbaru Toyota
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 30 Oktober 2009 16:37 WIB
SAI

TEMPO Interaktif, Jakarta:Toyota Motor Corporation kembali akan meluncurkan varian sedan hybrid. Sedan hybrid setelah Prius dan diberi nama Toyota Sai itu menurut sumber Toyota yang dikutip autoweek, memiliki platform yang sama dengan Toyota Lexus HS250h.

Toyota SaiSumber Toyota menyebutkan, mobil yang mulai dipasarkan 7 Desember mendatang itu dibanderol 3,38 juta yen ( sekitar Rp 354.652.242) atau lebih mahal ketimbang Toyota Prius yang dibanderol 2 juta yen.

Namun dari sisi performa mesin, Sai diklaim jauh lebih bertenaga dibanding Prius.

Sedan ini dibekali mesin bensin berkapasitas 2.400 cc bensin, lebih besar dari kapasitas mesin Lexus HS250h 2.000 cc dan menghasilkan tenaga sebesar 147 daya kuda. Sementara bila satukan dengan motor listrik tenaga yang dihasilkan mencapai 187 daya kuda.

"Tetapi Toyota Sai, jauh lebih besar. Kalau mesin Lexus HS250h Hybrid mencapai kecepatan 100 kilo meter per jam dalam waktu sekitar 8,4 detik, maka Toyota SAI lebih cepat lagi," ujar sumber tersebut.

Shigeru Nakagawa chief enginer Toyota Sai menegaskan, konsumsi bahan bakar Sai menapai 23 kilo meter per liter dengan emisi 54 mpg. "Sehingga dua kali lipat lebih irit dari mobil bensin sekelasnya," terang dia.

Namun, Toyota mengaku belum berencana mengekspor sedan yang diproduksi di Toyota Motor Kyushu tersebut. Saat ini Toyota memimpin pasar hybrid dengan selisih yang cukup signifikan dibandingkan produk pabrikan lainnya.

Pasar terbesar produk hybrid Toyota di luar negeri adalah, Amerika. Hingga September lalu, penjualan mobil hybrid Toyota di Amerika Serikat nyaris menyentuh 150 juta.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi