Vettel Tercepat, Hamilton Tersingkir  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 1 November 2009 22:08 WIB

TEMPO Interaktif , Abu Dhabi – Sebastian Vettel menjuarai balapan Formula Satu di Abu Dhabi. Sementara rekan satu timnya di Red Bull Mark Webber menyusul di urutan kedua setelah Lewis Hamilton gagal melanjutkan lomba.

Pembalap tim Red Bull ini berhasil menjadi pembalap Formula Satu pertama yang menjadi juara di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Minggu (1/11). Vettel mencatat waktu tercepat satu jam 34 menit dan 3,314 detik dalam 55 lap di sirkuit baru Abu Dhabi yang untuk pertama kalinya menyelenggarakan balapan Formula Satu. Kemenangan Vettel ini sekaligus menutup musim balapan Formula Satu tahun ini.

Rekan satu tim Vettel, Mark Webber, juga berhasil mengangkat nama Red Bull. Pembalap Australia ini masuk garis finis 17,8 detik di belakang Vettel. Ada pun Jenson Button, pembalap Brawn GP yang baru saja meraih gelar juara dunia Formula Satu di balapan seri Brasil harus puas berada di tempat ketiga selisih waktu 18,4 detik dari Vettel.

Vettel, yang baru berusia 22 tahun, juga menjadi pembalap pertama yang berhasil menjuarai balapan yang dimulai saat hari masih terang dan berakhir menjelang malam. Sirkuit Yas Marina sendiri dibangun di atas pulau buatan. Sirkuit ini memiliki lintasan sepanjang 5,5 kilometer dengan trek lurus paling panjang diantara lintasan sirkuit Formula Satu lainnya yaitu 1,2 kilometer. Selain juara, Vettel juga mencatat rekor tercepat untuk satu putaran yaitu 1 menit 40,279 detik.

Ada pun rekan satu tim Button, Rubens Barrichello, menempati posisi keempat diikuti oleh pembalap tim BMW Nick Heidfield.

Sementara itu juara tahun lalu, Lewis Hamilton, gagal menyelesaikan lomba karena mobilnya mengalami masalah dengan sistem pengereman. Ia berhenti balapan pada putaran ke-20. “Saya berusaha untuk menghentikan mobil,” aku Hamilton. “Rem sebelah kanan tidak bekerja dan itu sangat berbahaya untuk dilanjutkan.”

 

REUTERS|AUTOSPORT|GABRIEL| WAHYU TITIYOGA| NUR HARYANTO

 

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi