Subaru Hybrid Tourer Mobil Masa Depan dari Subaru
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 2 November 2009 19:51 WIB
.

TEMPO Interaktif, Jakarta:"Pijakan pengembangan mobil masa depan" Begitulah Fuji Heavy Industries Ltd (FHI) pabrikan otomotif asal Jepang produsen mobil merek Subaru, menyebut mobil konsepnya Hybrid Tourer.

subaru tourerTak tanggung-tanggung, FHI juga memboyong mobil konsep itu di arena Tokyo Motor Show yang berlangsung sejak 21 Oktober - 4 November. "Hybrid Tourer adalah kendaraan ramah lingkungan dengan performa serta fitur keselamatan tinggi," tutur sumber Subaru.

Sementara itu, seperti disebut autonews, tampilan depan Subaru mengingatkan orang pada gen Subaru Legacy. Disebutkan, sumber tenaga mobil bersumber dari mesin bakar dan motor listrik. Mesin konvensional berbahan bakar bensin dengan teknologi direct injection, turbocharger 2.000 cc.

Paduan sumber tenaga itulah yang menjadikan mobil ini sebagai mobil masa depan yang ramah lingkungan. Sistem transmisi mobil ini menggunakan Continuously Variable Transmission (CVT), dengan sistem penggerak empat roda simetris (All Wheel Drive /AWD symetrical) dan piston mesin boxer dengan posisi horisontal.

Pada penggerak roda depan dipasang motor listrik 10 kilo Watt (kW). Sementara di bagian belakang motor 20 kW. Saat mobil mulai berjalan, tenaga berasal dari motor listrik yang dipasang pada roda belakang.

interiorMotor bakar atau mesin utama mulai bekerja saat mobil melesat dan berkecepatan stabil. Sumber listrik baterai lithium ion diperoleh dari tenaga deselerasi yang terjadi pada saat pengereman regeneratif.

Soal keamanan dan kenyamanan, Subaru melengkapi varian hybridnya ini dengan Eyesigt Driving System. Piranti itu berfungsi untuk mendeteksi kondisi sekitar mobil termasuk bila ada pejalan kaki dan pengendara sepeda yang melintas.

Bahkan, posisi lingkar kemudi bisa diubah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengemudi, baik naik atau turun. Walhasil, pandangan pengemudi ke depan maupun samping pun lebih leluasa dan sesuai dengan kebutuhan.

Dan yang tak kalah menarik adalah, pintu yang bisa dibuka seperti sayap burung yang mengepak. Sehingga, akses keluar masuk pengemudi atau penumpang sangat leluasa.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi