Toyota Yaris Dinobatkan Sebagai Mobil Terbaik 2009
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 4 November 2009 10:20 WIB
toyota-car-pictures

TEMPO Interaktif, Jakarta - Varian hatchback Toyota, Toyota Yaris, dinobatkan sebagai Mobil Indonesia Terbaik 2009 (Indonesia Car of The Year/ ICOTY).  Anugerah itu diberikan Majalah MobilMotor setelah melakukan serangkaian penilaian yang berlangsung selama enam bulan.

“Ini benar-benar surprise. Toyota Yaris menjadi Indonesia Car of The Year 2009. Dan tentu, anugerah ini tidak lepas dari dukungan para konsumen loyal Toyota. Karena itu, kami berterima kasih,” tutur Johnny Dharmawan, Presiden Direktur Toyota Astra Motor, selaku Agen Tunggal Pemegang Merek Toyota di Indonesia, saat pengumuman (ICOTY) itu di Jakarta, Selasa (03/11) malam.

Johnny menambahkan, penobatan tersebut juga menjadi bukti bahwa kualitas produk Toyota itu diakui masyarakat. Sementara menyinggung proses penjurian, dia mengaku menilai sangat bagus. “Karena selain non teknis, pengujian juga dilakukan secara teknis,” tandas dia.

Pengujian secara teknis dilakukan di sirkuit Sentul pada 8–13 Oktober 2009. Sedangkan penjurian juga melibatkan pembaca Majalah MobilMotor. Panitia menetapkan syarat, untuk juri dari kalangan pembaca itu harus mengerti teknis mobil, berpengalaman dalam memilih mobil, tidak memiliki hubungan bisnis dengan salah satu produsen, serta berpikir obyektif selaku konsumen.

Sementara materi pengujian yang berlangsung enam bulan itu meliputi city orientation, uji emisi, uji visibilitas, uji ruang kabin, uji iluminasi, uji audio, uji kesenyapan kabin, dan uji performa. Untuk city orientation dinilai tujuh juri independen yang mermiliki kompetensi di bidang masing- masing.

Faktor lain yang juga menjadi unsur penilaian adalah penyusutan harga mobil selama satu tahun. Gelaran ini melibatkan 31 mobil dari 12 Agen Tunggal Pemegang Merek yang ada di Indonesia.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi