Toyota iQ Diunggulkan Sebagai Mobil Terbaik Eropa  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 4 November 2009 17:12 WIB
TEMPO/Arnold Simanjuntak

TEMPO Interaktif, Jakarta:Salah satu varian city car keluaran Toyota Motor Corporation, Toyota iQ diunggulkan sebagai mobil terbaik Eropa (European Car of The Year / ECOTY) 2010. Seperti dikutip MotorAuthority, Rabu (04/11), city car sub kompak itu masuk dalam jajaran finalis ECOTY 2010.

Toyota iQ Disebutkan pula salah satu varian terbaru Toyota itu bersaing ketat dengan Citroen C3 Picasso, Mercedes-Benz E-Class, Opel/Vauxhall Astra, Peugeot 3008, Skoda Yeti, serta Volkswagen Polo untuk mencapai posisi sebagai mobil terbaik Eropa.

Mobil yang mulai dipasarkan di Jepang pada November 2008 lalu itu, didesain di Pusat Desain Toyota yang berbasis di Perancis Selatan.

Toyota iQ memiliki panjang 2.985 milimeter (mm), lebar 1.680 mm, serta tinggi 1.500 mm. Di Eropa mobil ini ditawarkan dalam tiga tipe yaitu tipe mesin bensin dengan kapasitas 1.000 dan 1.300 cc, serta tipe mesin diesel dengan kapasitas 1.400 cc.

Sementara di Jepang, ditawarkan tipe mesin bensin dengan kapasitas 1.000 cc VVT-i tiga silinder. Dengan kapasitas sebesar itu, mampu menghasilkan tenaga 68 PS pada 4.800 rpm dengan torsi 9,3 kgm atau 90 Nm pada 4.800 rpm.

Pada hajatan Indonesia International Motor Show 2009 yang digelar Juli lalu, Toyota iQ sempat dipamerkan. Kala itu, mobil yang disebut sebagai pesaing berat dari city car keluaran Mercedes yaitu Mercedes Benz Smart "Keberadaan Toyota iQ ini untuk mengetahui respon masyarakat," tutur Achmad Rizal, Manajer Komunikasi Pemasaran PT Toyota Astra Motor.

Di Eropa Toyota iQ juga telah dinyatakan lolos dalam uji keselamatan standar benua tersebut. Bahkan, mobil ini meraih peringkat bintang lima di uji European New Car Assessment Programmed (Euro NCAP) tersebut. Di benua Eropa, mobil itu dibanderol sekitar Rp 350 juta.

ECOTY 2010 rencananya akan diumumkan pada 30 November mendatang. Satu hal yang menarik di ajang ini, adalah tidak masuknya mobil-mobil keluaran Amerika serta mobil hybrid Eropa di jajaran finalis. Begitu pun dengan mobil sport seperti BMW Z4, Nissan 370Z, Subaru Legacy, atau Porsche Panamera.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi