Toyota Mundur dari Ajang Fromula One
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 4 November 2009 18:51 WIB

TEMPO Interaktif, Tokyo -  Tim balap anggota Formula One, Panasonic Toyota Racing, akhirnya benar-benar mewujudkan niatnya untuk mundur dari lintasan balap. Keputusan mundur tim yang berbasis di Cologne, Jerman, itu didasari alasan kesulitan keuangan akibat krisis ekonomi global yang dampaknya masih belum berakhir hingga saat ini.

Keputusan mundur tim Toyota disampaikan langsung oleh presiden Toyota Motor Corporation, Akio Toyoda. Pria Jepang berusia 53 tahun ini meminta maaf karena kegagalan timnya memenangkan balapan sejak bergabung dengan F1 di tahun 2002 lalu.

Selain karena miskinnya prestasi Toyota, Akio Toyoda juga menyebut tingginya anggaran mengikuti balapan yang mencapai sekitar 300 juta dollar AS sebagai alasan pengunduran ini. “Ini keputusan sulit tetapi tidak bisa dihindari. Sejak tahun lalu karena memburuknya iklim ekonomi, kami harus berjuang untuk menjawab pertanyaan apakah kami bisa melanjutkan keikutsertaan kami di F1,” kata Toyoda.

"Kami mengundurkan diri dari Formula One sepenuhnya. Aku menyampaikan permintaan maaf yang dalam kepada para fans Toyota karena tak mampu mencapai prestasi yang kami targetkan,” lanjut Toyoda.

Mundurnya Toyota melengkapi kepergian semua pabrikan mobil asal Jepang di lintasan F1 setelah sebelumnya Honda juga mengundurkan diri dan menjual kepemilikannya kepada Brawn GP. Selain pabrikan mobil, pemasok ban Bridgestone sebelumnya juga telah menyampaikan mundur sebagai pemasok ban mobil-mobil F1 dengan alasan yang sama; krisis ekonomi.

Dengan mundurnya Toyota, saat ini hanya ada tiga pabrikan mobil yang langsung turun sebagai tim di lintasan balapan F1. Mereka adalah Ferrari (FIAT), Mercedes, dan Renault.

REUTERS | ARIS M

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi