Honda Tarik 444 Ribu Accord dan Civic
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 9 November 2009 16:20 WIB
Dok: Honda

TEMPO Interaktif, Jakarta:Penarikan kembali produk otomotif, kini kembali terjadi di Amerika. Setelah Toyota dan Ford, kini giliran Honda yang menarik 444.000 unit Honda Accord dan Civic karena airbag yang bermasalah dan dinilai membahayakan penggunanya. Penarikan dilakukan Jumat (06/11) lalu.

HondaBadan Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat (National Highway Traffic Safety Administration/NHTSA) seperti dikutip automotivenews.com menyatakan, pihaknya telah meminta penjelasan Honda dan Takata Motor selaku pemasok airbag untuk Honda.

NHTSA juga mempertanyakan mengapa Honda tidak segera melakukan penarikan kembali Disebut Badan Keselamatan Jalan Raya itu mulai melakukan investigasi terhadap produk Honda itu sejak 2 November lalu.

Sumber Honda menyangkal adanya masalah besar pada airbag di kedua mobil tersebut, tetapi tetap akan bekerjasama dengan NHTSA dalam melakukan investigasi. Kendati demikian, sumber tersebut mengakui ada cacat kecil di aibag Honda Accord dan Honda Civic itu.

"Dari jumlah kendaraan yang ditarik kembali itu, hanya sebagian kecil yang airbagnya mengalami 'cacat' kecil," tutur Chris Martin, juru bicara Honda.

Bahkan Chris menegaskan, perlu laporan dari konsumen untuk memastikan produk yang mengalami masalah pada airbag," tandasnya.

Sedangkan, pihak Takata Motor enggan berkomentar terhadap masalah ini. Penarikan Honda saat ini merupakan kali  ketiga. Sebelumnya Honda melakukan penarikan kembali  3.940 unit Accord dan Civic produksi 2001 pada November 2008 lalu. Penariikan kembali terjadi lalgi pada  Juli lalu terhadap  Accord dan Acura.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi