Genjot Penjualan, Suzuki Gelar Program Diskon Skydrive
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 10 November 2009 15:04 WIB
Dok: Suzuki

TEMPO Interaktif, Jakarta - Untuk mendongkrak penjualan di kuartal empat tahun ini, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selain menggenjot penjualan varian skuter matik (skutik) Skydrive juga akan meluncurkan versi facelift dua motor yang selama ini dipasarkan.

“Untuk Skydrive kami akan melakukan push dengan berbagai program promosi. Kami juga akan meluncurkan versi facelift dengan perubahan minor maupun major change dari produk kami yang ada,” tutur Edi Darmawan Cahyono, Manajer Pemasaran – Promosi dan Pengembangan Dealer Roda Dua PT SIS kepada Tempo di Jakarta, Selasa (10/11).

Beberapa program yang akan dilakukan untuk menggenjot penjualan varian skuter matik Skydrive adalah diskon harga, suku bunga rendah, serta perpanjangan jangka waktu kredit. Jangka waktu kredit kini mencapai empat tahun.

“Tetapi untuk besarannya kami serahkan ke masing-masing lembaga pembiayaan dan dealer. Karena disesuaikan daerahnya, kami hanya menentukan batas bawah dan atas besaran diskon itu,” kata Edi yang tak bersedia menyebut rincian besaran diskon tersebut.

Yang pasti, kata Edi, harga Skydrive lebih kompetitif dibanding sepeda motor matik merek lainnya, yaitu hanya Rp 13 juta. Seperti diketahui, Honda Vario dibanderol Rp 14,85 juta, sedangkan Yamaha Mio Soul dilepas Rp 13,5 juta. “Keunggulan lain dari Skydrive adalah kapasitas mesinnya yang 125 cc. Skutik lain mengusung mesin 110 cc,” aku Edi.

Penjualan Skydrive yang diluncurkan Mei lalu itu, pada Oktober lalu mencapai 39.935 unit atau meningkat 30 persen dibanding bulan sebelumnya yang mencapai 27.955 unit. Ihwal sedikitnya penjualan September tersebut, Edi menyebut karena menjelang dan selama lebaran permintaan menurun.

Lantas bagaimana dengan motor baru yang akan diluncurkan? “Yang jelas bukan varian skuter matik. Jenisnya apa? Masih rahasia. Tunggu saja. Yang pasti dengan serangkaian program itu, kami optimistis tahun ini bisa merebut 11 persen pangsa pasar, sekarang masih sembilan persen,” kata Edi.

Selama ini produk yang dipasarkan Suzuki di Indonesia ada tiga varian yaitu skuter matik, bebek, serta sport. Di varian skutik terdapat Suzuki Spin, Skydrive, Skywave. Sementara varian bebek antara lain meliputi Smash, Shogun, dan Satria FU. Sedangkan varian sport Suzuki mengandalkan Thunder.

Dari beberapa varian itu, kini Suzuki menggenjot penjualan varian suktinya. “karena memang saat ini trennya skutik,” ujar Edi memberi alasan.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Gunadi Sinduwinata, mengatakan hingga September total penjualan sepeda motor mencapai 4,1 juta unit. Dari jumlah tersebut, pangsa pasar motor skutik sebesar 37,3 persen dari total penjualan motor atau 1,54 juta unit.

“Tahun ini pertumbuhan varian skutik mencapai 39 persen,” kata Gunadi saat dihubungi Tempo.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi