Toyota Luncurkan Prado Terbaru Akhir November
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 11 November 2009 13:37 WIB
smh.com.au

TEMPO Interaktif, Jakarta - Pabrikan otomotif asal Jepang, Toyota Motor Corporation (TMC), mengumumkan bakal meluncurkan generasi terbaru dari varian Sport Utility Vehicle (SUV) premiumnya, All New Prado, akhir November ini. Namun, varian tersebut untuk saat ini masih ditujukan untuk pasar Australia.

“Toyota menawarkan produk yang lebih tangguh sekaligus lebih sempurna dibandingkan generasi sebelumnya. Selain memiliki kemampuan di segala medan, juga lebih nyaman berkat tambahan fitur-fitur premium,” demikian pernyataan resmi Toyota, Selasa (11/11).

Seperti pendahulunya, produk terbaru Toyota itu masih menggunakan mesin 4.000 cc dan 3.000 cc. Kedua varian dilengkapi system transmisi manual dengan enam kecepatan dan otomatis dengan lima percepatan. “Banyak teknologi driver assist yang dicangkokan pada Pardo baru tersebut,” ujar sumber Toyota.

Tak hanya itu, tingkat konsumsi bahan bakarnya juga diklaim semakin irit khususnya di varian mesin 4.000 cc enam silinder yang kini menggunakan teknologi variable valve timing-intelligent (VVTi) ganda.

Pasalnya teknologi itu mengendalikan kerja katup masuk dan buang sehingga pemakaian bahan bakar irit namun daya mesin meningkat. “Peningkatan mencapai lebih dari 10 persen hingga lebih dari 200 kilowatt atau 260 daya kuda,” tambah sumber Toyota.

Toyota juga mengklaim, pada varian mesin 3.000 cc direct injection turbo diesel dengan empat silinder, keberadaan injektor baru dan penyempurnaan sistem pendigin dan intercooler yang telah dilakukannya telah meningkatkan torsi hingga lebih dari 4.000 Newton meter sejak putaran mesin pada 1.200 rpm.

Selain membenahi sektor mesin, Toyota juga menambah sejumah fitur penunjang keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Beberapa fitur yang ada di Prado teranyar itu adalah : tujuh buah airbag, electronic stability control dengan traction control untuk memastikan roda selalu menapak dengan pasti menjadi fitur standar generasi terbaru Prado tersebut.

Kemudian antilock brake system, emergency brake assist, dan electronic brake force distribution untuk mendapatkan peforma pengereman terbaik.

Fitur lainnya adalah multi-terrain monitor. Seperti diketahui, Prado selama ini dilengkapi fitur kinetic dynamic suspension system yang berguna untuk meredam getaran yang dihasilkan mobil agar sesuai dengan kondisi permukaan jalan.

Versi terbaru piranti itu dilengkapi multi-terrain monitor yang berfungsi menayangkan gambar dari kamera yang ditempatkan di keempat sisi kendaraan. Walhasil, pengemudi dapat melihat kondisi permukaan jalan pada enam area di sekelilingnya, depan, belakang, samping depan, serta belakang kanan dan kiri.

Downhill assist control yang bertugas menjaga kecepatan kendaraan dan memastikan stabilitas ketika meluncur di turunan.yaitu saat mobill menuruni lereng. Sedangkan fitur hill-start assist control berguna untuk mengurangi risiko mobil tergelincir ke bawah saat melakukan start di tanjakan atau di permukaan yang licin.

Fitur lainnya adalah, adaptive variable suspension system dengan roll posture control. Perangkat itu dipasang untuk memberi kebebasan pengemudi mengatur tingkat peredaman suspensi.

Toyota juga memasang tombol tiga pilihan sistem suspensi yang bisa dipilih sesuai dengan lintasan yang dilalui mobil. Tombol tersebut dipasang pada setir. Sedangkan ketiga pilihan itu meliputi, “Mud & Sand”, “Loose Rock”, “Mogul” dan “Rock”.

Lantas berapa Prado terbaru itu akan dibanderol? Sumber Toyota memberi kisaran 3.150.000 yen dan hingga paling mahal 4.750.000 yen atau sekitar Rp 346,5 juta hingga Rp 522,5 juta.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi