Honda Jazz Masih Dominasi Pasar Hatchback
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 12 November 2009 15:27 WIB
Dok: Honda

TEMPO Interaktif, Jakarta:Varian hatcback Honda, yaitu Honda Jazz sepanjang sepuluh bulan 2009 ini masih menduduki peringkat pertama dalam penjualan. Data yang dilansir Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diterima Tempo, Kamis (12/11) menunjukkan, penjualan Honda Jazz dari Januari hingga Oktober 2009 mencapai 12.419 unit.

Honda JazzPenjualan terbesar Honda Jazz terjadi pada Oktober lalu, yaitu sebesar 1.888 unit. "Ini merupakan penjualan Honda Jazz tertinggi selama sepuluh bulan terakhir. Pencapaian itu, sekaligus mengantarkan Honda Jazz menggenggam 48 persen pangsa pasar hatchback di tanah air ," tutur Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual Honda Prospect Motor (HPM) Agen Tunggal Pemegang Merek Honda, dalam keterangan persnya di Jakarta, Kamis (12/11).

Penjualan Jazz memang sempat melorot pada September yaitu hanya 941 unit. Bulan sebelumnya, penjualan Jazz masih 1.249. Ihwal penurunan penjualan sepanjang September itu, menurut Jonfis, selain karena adanya tren penurunan yang dialami seluruh merek mobil, juga sedikitnya jumlah hari kerja di banding bulan sebelum atau sesudahnya.

"Waktu itu kan menjelang lebaran, hari kerja juga lebih sedikit. Tapi kalau melihat produktivitas, saya rasa malah naik. Karena dengan jumlah hari kerja seperti itu, kami masih bisa membukukan penjualan yang lumayan," tandas dia.

Sementara itu, pesaing terdekat Jazz yaitu Toyota Yaris pada periode Januari - Oktober membukukan penjualan 5.979 unit. Sepanjang Oktober lalu, hatcback keluaran Toyota itu mencatatkan penjualan sebesar 1.072 unit. Penjualan ini bertambah 394 unit dibanding September yang mencapai 678 unit. Sedangkan Agustus masih 893 unit.

Padahal, selama Juli penjualan mobil ini mencapai 1.033 unit dan berhasil melengserkan Honda Jazz yang hanya terjual 891 unit. Penjualan Yaris menunjukkan tren meningkat sejak April, meski masih dibawah 1.000 unit.

Bila pada Maret masih 33 unit, April telah menginjak angka 327, dan Juni 716. Sebaliknya, penjualan Honda Jazz selama Juli anjlok Sebab dari awal tahun hingga Juni 2009, penjualan New Honda Jazz masih di atas 1.000 unit per bulan.

Pesaing Honda Jazz lainnya adalah Suzuki Swift. Tetapi, angka penjualan hatcback Suzuki ini masih terpaut jauh dibanding Jazz. Sepanjang Agustus - Oktober mencatatkan penjualan 3.375 unit. Rinciannya, Agustus 236 unit, September 127 unit, dan Oktober 641 unit.

Pengamat otomotif Suhari Sargo, menilai persaingan hatchback di tanah air semakin ketat. Alasannya, saat ini tren gaya hidup masyarakat perkotaan membutuhkan mobil ukuran kompak, lincah bermanuver di kemacetan, namun mampu mengankut seluruh anggota keluarga yaitu kedua orang tua dan dua anak.

Karena tingkat persaingan seperti itu, maka pabrikan pun dituntut kreatif melahirkan produk. “Mobil kategori itu, umumnya dimiliki orang muda dengan tingkat sosial dan ekonomi kelas menengah, maka pembaruan teknologi, performan, pelayanan, maupun harga yang kompetitif harus menjadi perhatian utama," papar dia.

Total penjualan varian hatchback sepanjang sepuluh bulan terakhir mencapai sekitar 25.000 unit.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi