Xenia 1.300 cc Matik Full Aksesoris DiLepas Rp 145,6 juta  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 18 November 2009 22:42 WIB
Tempo/Nurdiansah

TEMPO Interaktif, Jakarta:Setelah lima tahun meluncurkan low Multi Purpose Vehicle (MPV) Xenia, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek Daihatsu di Indonesia meluncurkan versi transmisi otomatis untuk Xenia Xi 1.300 cc VVTi DOHC.

Xenia maticKendati masih menggunakan mesin yang sama dengan generasi sebelumnya, namun Daihatsu menawarkan dua tipe yaitu full aksesoris dan standar.

"Setelah lima tahun sejak Xenia pertama kali diperkenalkan, sudah saatnya kini bagi para keluarga muda untuk merasakan sensasi berkendara ekstra nyaman," tutur Wakil Presiden Direktur PT ADM, Sudirman MR, di Jakarta, Rabu (18/11).

Sudirman menyebut, Daihatsu butuh waktu satu tahun untuk melakukan persiapan sebelum meluncurkan versi transmisi otomtais tersebut. Namun, untuk piranti transmisi itu, ADM mendatngkan langsung dari Jepang.

"Kami mendatangkannya dalam bentuk fulll CKD (completely knock down) langsung dari Jepang. Karena untuk membuat perangkat itu butuh peralatan yang benar-benar presisi, ruang yang kedap suara dan debu, benar-benar steril," jelas Sudirman.

interiorSelain itu, ADM juga masih melihat perkembangan tipe otomotis tersebut. Bila nantinya permintaan versi ini terus meningkat, maka tidak menutup kemungkinan produksi piranti sistem transmisi tersebut diproduksi di dalam negeri. Namun, meski masih menggunakan piranti yang didatangkan dari luar negeri, harga yang dibanderol tidak terlampau melonjak.

"Hanya terpaut Rp 10 juta untuk tipe standar dan Rp 5,9 juta untuk tipe full aksesoris," ujar Amelia Tjandra, Direktut Pemasaran PT ADM.

Dengan demikian, Daihatsu Xenia Xi A/T tipe standar dibandrol seharga Rp139,7 juta on the road untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Sementara yang full aksesoris atau yang disebut Xenia Xi A/T Full Accessories dibanderol Rp 145,6 juta per unit atau Rp 5,9 juta lebih mahal dari versi manualnya.

Vmesinersi yang terakhir, Xenia matik Full Aksesoris ini dilengkapi velg alloy 14 inci, talang air, electric mirror, serta gril depan yang sudah dilapisi krom. Sedangkan, di interior perubahan terlihat pada console boks, serta desain dan bahan wood panel yang lebih mewah dari versi standar sehingga aura kemewahan memancar di kabin.

Dan tak lupa, perangkat Global Positioning System yang menjadi perangkat standar. Hanya memang, versi otomatis ini lebih boros ketimbang versi manualnya. ADM menyebut, Xenia 1.3 Xi otomatis membutuhkan 10,2 kilometer per liter, sedangkan manual 11 kilometer per liter.

Sedangkan ihwal penjualan, Suparno Djasmin, Kepala Eksekutif PT Astra International Tbk-Daihastu Sales Operation, menandaskan, untuk tahap awal, yaitu tiga hingga enam bulan, target penjualan Xenia Matic dipatok 500 unit.

"Itu (500 unit) yang berupa Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) setiap bulannya. Ke depan, kami harap penjualan bisa stabil 250 hingga 300 unit per bulan," papar Suparno.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi