Sabuk Pengaman Bermasalah, Volvo Tarik 9.667 Unit XC60S  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 18 November 2009 23:14 WIB
.

TEMPO Interaktif, Jakarta:Pabrikan otomotif asal Swedia, Volvo, berencana menarik 9.667 unit XC60Skarena sabuk pengaman pengemudi dinilai belum lolos uji tabrakan (crash test). Seperti dikutip, autonews, produk yang ditarik itu merupakan model 2010 yang kini telah beredar di Amerika Serikat dan Kanada.

Volvo XC60Ihwal permasalahan di sabuk pengaman tersebut diketahui setelah Lembaga Asuransi Keamanan Berkendara Amerika Serikat, yang melakukan uji tes benturan samping menemukan bahwa sabuk pengaman dari varian Volvo tersebut belum pernah menjalani tes.

Sementara, proses uji itu dilakukan secara rutin untuk memastikan mobil telah lolos uji dan berhak mendapat sertfikat sebagai kendaraan dengan tingkat keamanan tinggi.

Seperti dikutip New York Times, lembaga itu menyabut, sabuk pengaman untuk pengemudi di varian XC60 itu terlepas dari salah satu titik di sebelah kiri pinggul saat dikenkan, sehingga membahayakan pengemudi. Uji itu dilakukan dengan cara Tes menabrakkan mobil pada sisi pengemudi dengan tingkat kecepatan 31 mile per jam.

Sementara itu, John Hope juru bicara Volvo menyebutkan, pihaknya belum pernah menerima laporan tentang kasus kecelakaan yang terjadi berkaitan dengan sabuk pengaman tersebut. Dia menambahkan, selama ini sudah dilakukan 50 kali uji tabrakan samping yang dilakukan di Volvo Safety Center in Gothenberg, Swedia, namun hasilnya tidak terjadi apa-apa pada piranti pengaman itu.

"Meski hanya dilakukan satu kali pengujian. Namun demikian pabrikan tetap akan menarik kembali (mobil) secara sukarela," ujar Hope.

Disebutkan pula, pihak Volvo secara lisan maupun melalui surat melaporkan ihwal rencana tersebut Badan Keselamatan Transportasi Amerika Serikat (National Highway Traffic Safety Administration). Sementara pemberitahuan kepada pemilik Volvo dilakukan dua hingga tiga pekan mendatang.

Perbaikan atau penggantian yang akan dilakukan meliputi rumah dudukan sabuk pengaman. Perabikan tersebut diperkirakan hanya membutuhkan waktu setengah jam dan tidak dipungut biaya.

ARIF ARIANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi