Harley Davidson Indonesia Targetkan Jual 360 Unit di 2010
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 19 November 2009 16:54 WIB
TEMPO/Arif Arianto

TEMPO Interaktif, Jakarta :Dealer resmi sepeda motor Harley Davidson di Indonesia, PT Mabua Harley davidson memasang target penjualan 360 unit pada 2010 mendatang. Target itu tak lepas dari tingginya minat pasar Indonesia terhadap motor besar asal Amerika Serikat tersebut.

harley Maulwikee "Pertumbuhan penjualan per tahun rata-rata antara 10 - 15 persen. Pada 2008 kami menjual 343 unit, sedangkan selama Januari - Oktober terjual 296 unit," tutur Irvino Edwardly, Country General Manager Sales & Marketing PT MHD di peluncuran showroom Harley Davidson di Mal PX Pavilion at The St. Moris, Jakarta, Kamis (19/11)

Menurut Irvino, saat ini tren bermotor besar tetap besar. Bahkan, di wilayah yang selama ini belum terdapat dealer Harley Davidson, misalnya di Makassar, Lampung, Balikpapan, Banjarmasin, bandung, serta Medan. Lantaran itulah, MHD berencana membuka dealer di daerah itu. "Tapi untuk tahun depan Medan yang menjadi prioritas," jelas dia.

Saat ini, jumlah populasi Harley Davidson di Indonesia mencapai 2.000 - 2.500 unit. Dari jumlah tersebut sekitar 70 persen diantaranya berada di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Melihat porsi pasar terbesar masih berada di Jakarta dan sekitarnya, MHD akan memaksimalkan penjualan.

Salah satunya adalah, dengan membukan showroom baru di kawasan Jakarta Barat yaitu di Mal PX Pavilion at The St. Moritz, Puri Kembangan Jakarta Barat. "Kawasan ini sangat potensial. Existing customer kami di sini cukup banyak. Setidaknya terlihat setiap akhir pekan para pemilik Harley Davidson yang berkumpul di area parkir PX Pavilion mencapai 70 - 100 unit motor.

Harley TouringTahun depan di Jakarta Barat bisa terjual 40 unit," papar Irvino. Meski demikian, distributor ini mengaku khawatir bila nantinya kenaikkan besaran Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) dari 75 persen menjadi 200 persen benar-benar diberlakukan.

Meski para konsumen motor besar ini adalah konsumen premium, namun pajak tersebut tetap dipandang menjadi kendala yang cukup berarti bagi penjualan Harley davidson.

"Mudah-mudahan tidak sebesar yang disebut-sebut (200 persen)," tandasnya.

Diantara Harley Davidson yang disaparkan MHD adalah, Sportster, Softail,V-Twin Racing Street Custom (VRSC), Touring, Dyna dan Custom Vehicle Operation (CVO). Untuk tipe Sportster terdapat empat varian dan dibanderol mulai Rp 178 juta hingga Rp 228 juta.

Sedangkan Softail ditawarkan enam varian dengan rentang harga Rp 318 juta hinga Rp 362 juta. Tipe VRSC, dua varian dengan harga Rp 378juta- Rp379 juta. Sementara tipe Touring disedaikan dalam lima varian dengan harga Rp328 juta-Rp389 juta, tipe Dyna dua varian yang dibanderol Rp 256 juta-Rp 286 juta, serta tipe CVO yang dijual pada harga Rp 458 juta-Rp 587 juta.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi