Honda Insight Car of The Year 2009 - 2010  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 19 November 2009 20:41 WIB
.

TEMPO Interaktif, Tokyo: Japan Automotive Hall of Fame, menobatkan Honda Insight sebagai Car of The Year 2009 - 2010. Galeri otomotif terbesar di Jepang itu menilai, memiliki teknologi canggih yang dikembangkan Integrated Motor Assist, Honda Insight juga ramah lingkungan dan harganya terjangkau.

Honda InsightDi Jepang mobil ini dibanderol 1,89 juta yen atau sekitar Rp 200 juta. Pada April lalu, mobil ini telah digelari sebagai 'Best Selling Car' di Jepang.

"Kami sangat bangga dengan penghargaan Car of The Year ini. Ini memberikan kesempatan kami untuk menekankan strategi guna membantu melestarikan lingkungan melalui kendaraan hibrida dengan harga yang terjangkau," papar Takanobu Ito, Presiden dan Kepala Eksekutif Honda Motor Company seperti dikutip www.worldhonda.com, Kamis (19/11).

Honda menyebut, sedan yang dikembangkan dengan konsep standar kompak generasi baru itu, merupakan kendaraan yang sesuai dengan tuntutan konsumen. "Yaitu ramah lingkungan, nyaman, mudah dikendarai, serta harga terjangkau,"

Honda Insight dibekali mesin Variable Timing and lift Electronic Control (i-VTEC) 1.300 cc SOHC hybrid system yang baru dikembangkan oleh IMA. Mesin itu juga dilengkapi standar Eco Assist sehingga efisien konsumsi bahan bakar.

Tenaga maksimal yang dihasilkan mencapai 88 PS pada 5.800 rpm, torsi maksimal 12,3 kgm pada 4.5000 rpm. Sumber penggerak lain dari mobil ini adalah motor listrik dengan tenaga maksimal yang dihasilkan 14 PS dengan ukuran Intelligent Power Unit (IPU) lebih kompak.

Seperti umumnya mobil hibrida dan listrik, Honda Insight juga dilengkapi kinetic energy recovery system (KERS). Perangkat ini berfungsi menyimpan energi kinetik yang terjadi saat mobil direm dan kemudian dikrim ke batere. Torsi motor listrik 9,4 kgm pada 500 rpm.

Untuk memindahkan tenaga dari mesin dan motor listrik ke roda, Honda menggunakan Continously Variable Transmission (CVT). Konsumsi bahan bakar berdasarkan tes Lembaga Perlindungan Lingkungan Hidup (Enviromental Protection Agency/EPA) di Amerika serikat mencapai 43 mpg atau 18 kilometer per liter.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi