Nissan Luncurkan Sedan Fuga
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 20 November 2009 18:49 WIB
Dok: Nissan

TEMPO Interaktif, Yokohama:Nissan Motor Corporation, Kamis (19/11) akhirnya resmi meluncurkan varian sedan terbarunya, Nissan Fuga. Peluncuran dilakukan di kota Yokohama, kota dimana kantor pusat Nissan berada.

Nissan FugaMobil ini baru akan dipasarkan di Jepang. Untuk pasar Eropa dan Amerika direncanakan awal 2010, dengan nama Infiniti M35 hybrid.

"Nissan menargetkan penjualan 11 ribu unit (untuk pasar Jepang) pada tahun bisnis ini (2009/2010)," tutur Toshiyuki Shiga, Kepala Operasional Nissan, seperti dikutip The Jepan Times Online, di Yokohama, Jumat (20/11).

Varian sedan Nissan ini ditawarkan dalam dua tipe mesin yaitu VQ25HR 2.500 cc V6 dengan tenaga 225 daya kuda pada 6400 rpm dan torsi 258 Newton Meter pada 4800 rpm. Sedangkan tipe kedua, VQ37VHR berkapasitas 3.700 cc V6 dengan teknologi Variable Valve Event and Lift (VVEL) system.

Mesin ini mampu menyemburkan tenaga hingga 333 daya kuda pada 7000 rpm dengan torsi 363 Nm pada 5.200 rpm. Kedua tipe mobil itu dilengkapi transmisi otomatis tujuh tingkat percepatan. Mobil yang disebut-sebut sebagai pesaing berat Lexus Hybrid HS itu juga dilengkapi sejumlah fitur baru, diantaranya Forrest Air Conditioner (AC), Eco Pedal, Navigation Cooperative Intelligent Pedal, serta Activity Stability Response.

Forrest AC berfungsi bukan hanya mengatur tingkat suhu udara semata atau kecepatan putaran kipas saja, tetapi juga memproduksi aroma kesegaran untuk ruang kabin. Sementara Eco Pedal adalah piranti untuk mengontrol dan mendongkrak tingkat efisiensi konsumsi bahan bakar.

Fitur Navigation Cooperative Intelligent Pedal merupakan piranti pintar untuk membantu pengemudi mengatur kecepatan mobil di saat melintas di tingkungan. Caranya kerjanya, pedal akan secara otomatis memperlambat kecepatan begitu mengetahui mobil mendekati tingkungan.

Sedangkan Activity Stability Response, sesuai dengan namanya berfungsi untuk membuat kendali mobil tetap stabil meski melintas di berbagai lintasan. Cara kerja piranti ini adalah mengontrol kemudi, pedal gas, serta kinerja mesin di saat mobil melintas di lintasan berbelok, menikung maupun menurun. Mobil ini dibanderol 3,99 - 5,5 juta yen atau sekitar Rp 400 - Rp550 juta.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi