Suzuki dan Toyota, Pilihan Pertama Konsumen
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 24 November 2009 21:49 WIB
Toyota Fortuner menjadi salah satu kendaraan yang meraih nilai tertinggi dalam 2009 Indonesia Initial Quality Study SM (IQS) yang dilakukan J.D. Power Asia Pacific. (Raju Febrian/TEMPO)

TEMPO Interaktif, Jakarta - Suzuki SX4, APV, serta Toyota Rush dan Fortuner menjadi pilihan pertama konsumen di segmen masing-masing. Demikian hasil studi Kualitas Awal Otomotif atau 2009 Indonesia Initial Quality Study SM (IQS) yang dilakukan J.D. Power Asia Pacific.

Dalam rilis yang diterima Tempo, disebutkan studi ini menganalisa kualitas kendaraan baru dalam masa dua sampai enam bulan kepemilikan. Studi ini mengukur lebih dari 200 gejala masalah yang mencakup delapan kategori kendaraan: eksterior kendaraan; pengalaman berkendara; fitur, kontrol dan tampilan; audio, sistem hiburan dan sistem navigasi; tempat duduk; ventilasi dan pendingin (HVAC); interior kendaraan; dan mesin/transmisi.

Masalah-masalah yang dilaporkan dirangkum dalam jumlah masalah per 100 kendaraan (PP100). Nilai PP100 yang lebih rendah mengindikasikan jumlah masalah yang lebih sedikit dan kualitas yang lebih tinggi.

Dari hasil survei ditemukan hampir sepertiga (31%) dari seluruh masalah kualitas awal yang dilaporkan oleh pelanggan di Indonesia terkait dengan mesin atau transmisi kendaraan. Untuk tiga tahun berturut-turut, sulitnya memindahkan gigi adalah masalah yang paling sering dilaporkan oleh pelanggan.

"Mencapai tingkat kualitas awal yang tinggi dapat membantu pabrik kendaraan meraih kepercayaan pelanggan, yang bisa membuat produk mereka semakin diterima di pasaran," kata Rajeev Nair, senior manager J.D. Power Asia Pacific.

Survei untuk 2009 Indonesia Initial Quality Study ini dilakukan kepada 2.034 pemilik kendaraan baru yang membeli kendaraan mereka antara Oktober 2008 dan Juli 2009. Studi ini mengevaluasi 33 model kendaraan penumpang dan utility vehicle dari sembilan merek kendaraan di Indonesia.

Hasil Survei

Segmen Compact Car- Suzuki SX4 (nilai 72)- Toyota Yaris (85)- Honda Jazz (87).

Segmen Entry SUV- Toyota Rush (103)- Isuzu Panther (126)- Daihatsu Terios (143)

Segmen SUV- Toyota Fortuner (60)- Nissan X-Trail (74)- Honda CR-V (115)

Segmen Entry MPV- Suzuki APV (131)- Daihatsu Luxio (147)- Toyota Avanza (150)

RAJU FEBRIAN

#Otomotif
#Toyota Astra Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi