Grand Prix Kanada Digelar Kembali Musim Depan
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 28 November 2009 16:18 WIB
TEMPO Interaktif, Montreal - Grand Prix Kanada bakal kembali digelar musim depan. Kepastian ini didapat setelah pemerintah setempat ikut membantu dalam proses penandatanganam kontrak selama lima tahun untuk menggelar balapan di Kota Montreal.

Pemerintah Kanada berjanji menginvestasikan dana sebesar 8,5 juta pound sterling (Rp 131 miliar) per tahun supaya balapan Formula Satu di Sirkuit Gilles Villeneuve sukses. Bersama dinas pariwisata setempat, pemerintah bakal menjamin turis lokal dan mancanegara bakal datang.

Kontrak lima tahun berlaku terhitung sejak 13 Juni 2010. Dan pantia setempat dipastikan bakal mendapat untung 30 persen dari hasil penjualan tiket. “Kembalinya balapan Formula Satu ke Montreal merupakan hasil dari kerja keras kami,” kata Wali Kota Montreal Gerald Tremblay.

Gerald menambahkan kembalinya balapan Formula Satu ke Montreal bakal meningkatkan kemampuan membayar para wajib pajak di kota itu. Selain itu,  balapan tersebut bisa menciptakan stabilitas ekonomi di kota yang berpenghuni 1,6 juta orang itu. “Saya bangga salah satu kota metropolitan kami bisa ikut serta dalam balapan Formula Satu. Hal ini pasti menarik banyak pengunjung dari seluruh dunia,” kata dia.

Musim lalu Kanada absen dari percaturan Formula Satu. Akibatnya perekonomian Kanada menurun. “Bagi Quebec dan Montreal, balapan ini bisa meningkatkan pendapatan melalui pajak. Diperkirakan akan meningkat 5,5 juta poundsterling dari total 2,2 juta pound sterling (Rp 34,1 miliar) yang kami investasikan. Ini belum ditambah dari penjualan tiket” ujar Menteri Keuangan Negara Bagian Quebec dan Montreal Raymond Bachand.

SPORTING LIFE | DANANG WIBOWO

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi