Honda Kendaraan Paling Irit 2009  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 1 Desember 2009 10:02 WIB
Logo Honda yang berhasil menguasai 11,2% pangsa pasar otomotif nasional di bulan September.

TEMPO Interaktif, Jakarta - Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (Evironmental Protection Agency EPA), Senin (30/11), mengumumkan kendaraan yang paling irit konsumsi bahan bakar selama 2009 ini. Seperti dikutip Associated Press, lembaga itu menyebut, Honda berada di urutan pertama.

honda Tingkat efisiensi konsumsi bahan bakar mobil produksi pabrikan asal Jepang itu rata-rata mencapai 23,6 mil per galon (mpg). Seperti diketahui 1 galon = 3,7 liter dan satu mil = 1,6 kilometer. “Tingkat konsumsi dengan satuan itu, artinya dengan satu galon bahan bakar itu dicapai jarak berapa mil,” tandas sumber di EPA.  Jadi, satu liter bensin bisa menempuh 10,2 kilometer.

Hyundai berada di urutan kedua dengan rata-rata konsumsi 23,4 mpg. Sedangkan Toyota yang pada tahun lalu berada di urutan pertama, kali ini berada di urutan ketiga dengan tingkat konsumsi 23,2 mpg.

Hasil uji dan pemeringkatan tersebut dilakukan terhadap mobil-mobil yang diproduksi dan dijual selama sepuluh bulan 2009 ini. Detroit News menyebut, tingkat konsumsi bahan bakar semua model itu semula diharapkan bisa mencapai 23,2 mpg. Dan proses pengujian berlangsung di lintasan jalan raya bukan di laboratorium.

Di urutan keempat terdapat Volkswagen dengan tingkat konsumsi 22,3 mpg. Nissan dan Bayerische Motoren Werke (BMW), berada di urutan kelima dan keenam dengan mencatatkan tingkat konsumsi yang sama yaitu 22,3 mpg.

Urutan ketujuh ditempati Ford Motor Company dengan tingkat efisiensi 20,5 mpg, yang disusul General Motors di posisi delapan. Sedangkan Chrysler di urutan kesembilan dengan mencatat tingkat efisiensi 18,7 mpg.

ARIF ARIANTO

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi